PLN Makin Edukatif Dan Inovatif Di HLN Ke-69

(Jakarta, 8 Oktober 2014) – PT PLN (Persero) akan memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke-69 pada 27 Oktober nanti. Untuk memeriahkan peringatan tahunan ini, PLN menggelar serangkaian kegiatan edukatif dan inovatif yang terangkum dalam KNIFE (Knowledge, Norm Discussion Form, Inovation Contest, Festival, and Exhibition). Acara yang berlangsung pada 8 hingga 10 Oktober 2014 ini akan dibuka oleh Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS.

KNIFE merupakan suatu forum internal PLN yang mengkolaborasi Knowledge Sharing, Forum Diskusi Standardisasi PLN, Lomba Karya Inovasi, Forum Diskusi Inovasi dan Pameran Karya Inovasi. KNIFE juga dimaksudkan sebagai ajang penghargaan bagi pegawai-pegawai PLN yang kreatif dan inovatif, sehingga ke depannya dapat memicu dan membentuk budaya berinovasi di lingkungan PLN. Kegiatan ini melibatkan perwakilan seluruh unit PLN se-Indonesia. Para wakil diharapkan dapat memberi masukan, pencerahan, dan informasi aktual perkembangan korporasi ke unitnya masing-masing.

Untuk merealisasikan tema besar HLN ke-69, “Advancing Together Electrical Indonesia”, Knowledge sharing kali ini akan membahas Smart Grid dan CNG Plant. Dua topik ini dipilih karena akan dijadikan referensi dalam standar pembangunan sistem Smart Grid dan CNG Plant di Indonesia.

CNG Plant merupakan usaha PLN dan anak perusahaan untuk melakukan efisiensi pemakaian gas dengan cara pemampatan atau kompresi gas pada saat kebutuhan pembangkitan rendah. Ke depan, proyek ini akan dikembangkan untuk memenuhi energi primer pembangkit listrik ke pulau-pulau kecil yang tidak terjangkau fasilitas pipa gas.

PLN berencana membangun 62 CNG Plant. Enam di antaranya sudah terealisasi, yaitu di Jaka Baring, Grati, Tanjung Pinang, Bawean, Muara Tawar, dan Tambak Lorok. Selanjutnya, PLN akan meresmikan CNG di Gresik yang merupakan bagian dari CNG Marine Transportation.

Pada intinya, CNG Marine Transportation berbicara tentang bagaimana cara mendistribusikan kelebihan pasokan gas dari PLTU di suatu pulau ke PLTU di pulau lain yang membutuhkan lebih banyak gas. Ini merupakan yang pertama di dunia karena pengangkutan gas melalui CNG belum ada di negara lain, kecuali melalui LNG.

Pada acara Knowledge Sharing, PLN akan mendatangkan sejumlah pembicara yang kompeten, seperti DR. C.W. Rasche (Dynetek Germany), Jonas Giuliani (SAFE S.p.A), dan Edi Hartono (PLN) untuk sesi CNG yang dijadwalkan pada hari Rabu, 8 Oktober 2014 pukul 10.30 – 12.00 WIB. Sementara sesi Smart Grid akan diisi oleh Paul Nelson (USA), Dr. Ir. Argo yell Dahono (ITB), dan Suroso (PLN) pada hari yang sama pukul 13.00 – 15.00 WIB bertempat di Auditorium PLN Kantor Pusat, Jakarta.

Selain mempertajam ilmu melalui Knowledge Sharing, PLN juga memicu kreatifitas pegawai melalui Lomba Karya Inovasi. Lomba ini menampilkan karya dari masing-masing unit di PLN yang dibagi dalam 5 bidang, yaitu pembangkitan, transmisi dan distribusi, technical supporting, non technical supporting aplikasi dan non technical management.

Sejak ajang ini digelar pada 1999, sudah ada 2.322 karya invoasi yang dihasilkan oleh pegawai PLN. Dari jumlah tersebut, 18 karya inovasi telah didaftarkan paten, dengan 7 diantaranya sudah mendapatkan sertifikat paten. Animo pegawai dalam mengikuti ajang ini pun semakin meningkat sejak 2009. Beberapa karya inovasi yang telah diciptakan antara lain Relay SMART-UFR (Under Frequency Relay) yakni alat monitoring beban penyulang secara real time dengan memanfaatkan peralatan terpasang power meter dan OCR dan kegiatan Reverse Engeenering untuk beberapa produk atau part pembangkit PLN.

PLN juga mengadakan Forum Standardisasi yang merupakan forum diskusi standar perusahaan (SPLN) dan ajang sosialisasi standar baru. Ada juga Festival yang merupakan rangkaian kegiatan eksekutive meeting dan pameran hasil karya inovasi. Dan tak ketinggalan, PLN akan menggelar Science and Technology in English. Kegiatan yang juga dikenal sebagai Olimpiade Teknologi ini merupakan lomba sekaligus knowledge sharing kelistrikan dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini merupakan ajang untuk meningkatkan kompetensi dalam bahasa inggris dan nantinya PLN diharapkan dapat berbicara dalam forum-forum internasional.

Kontak:
Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
Email : bambang.dwiyanto@pln.co.id