PLN Tandatangani Kerjasama Pembelian Komponen Switchgear dengan PT CPSI

(Jakarta, 24/6/2014) PLN terus mendorong peningkatan penggunaan produk-produk dalam negeri, terutama yang menggunakan komponen lokal dalam setiap produksinya. Salah satu upaya PLN tersebut adalah dengan  melakukan kerjasama pembelian (Purchase Agreement) komponenSwitchgear dengan PT Crompton Prima Switchgear Indonesia (CPSI), sebuah perusahaan Joint Venture yang dimiliki bersama oleh PT PLN Enjiniring, salah satu anak usaha PT PLN (Persero) dengan Crompton Greaves Limited sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dari India yang bergerak dibidang produksi peralatan ketenagalistrikan.

 

Acara penandatanganan kerjasama yang memiliki jangka waktu 5 tahun ini, masing-masing dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dengan Presiden Direktur CPSI, Srinivasan M.S., Selasa (24/6) siang bertempat di Kantor Pusat PLN, Jakarta. Turut menghadiri acara ini adalah jajaran Direksi PT PLN Enjiniring. PLN akan membeli produk-produk yang nantinya akan dihasilkan oleh pabrik komponen Switchgear yang dimiliki oleh CPSI.

 

CPSI adalah perusahaan Joint Venture yang didirikan atas dasar untuk alih teknologiSwitchgear dan juga sebagai bagian dari upaya meningkatkan penggunaan komponen lokal dalam setiap peralatan untuk infrastruktur ketenagalistrikan.

 

“Ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk mendorong tumbuhnya industri manufaktur dalam negeri yang tentunya akan membuka lapangan kerja baru. CPSI diharapkan mampu memproduksi komponen switchgear yang dibutuhkan dalam menunjang pembangunan infrastruktur kelistrikan di Indonesia” ujar Nur Pamudji, Direktur Utama PLN.

 

“Selain itu tentunya kesempatan alih kompetensi dibidang ketenagalistrikan untuk bangsa indonesia, sehingga dalam 5 tahun kedepan diharapkan indonesia menjadi lebih mandiri karena sudah mampu memproduksi switchgear” lanjut Nur Pamudji.

 

Sementara itu, Presiden Direktur CPSI, Srinivasan M.S. menjelaskan bahwa pihaknya mengeluarkan dana investasi sebesar 23 juta USD untuk membangun pabrik switchgear yang diperkirakan akan mulai berproduksi pada akhir tahun 2015 nanti. “Kami memulai tahapan pembangunan pabrik di akhir tahun 2014 ini, dan diperkirakan di akhir 2015 nanti pabrik kami sudah dapat memproduksi komponen switchgear” jelas Presiden Direktur CPSI, Srinivasan M.S.

 

 

 

Kontak:
Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email :bambang.dwiyanto@pln.co.id