PLN Raih Gold Champion pada Indonesia WOW Brand 2014 dari MarkPlus Inc.

(Jakarta, 25/6/2014) PT PLN (Persero) meraih penghargaan Gold Champion pada Indonesia WOW Brand 2014 untuk kategori BUMN. Penyerahan penghargaan ini dilakukan dalam acara Indonesia WOW Brand 2014 “Government & Public Services Industry” yang diselenggarakan oleh MarkPlus Insight dan Majalah Marketeers, Rabu (25/6) malam di Hotel Luwansa, Jakarta. Direktur (Niaga, Manajemen Resiko dan Kepatuhan) PLN, Moch. Harry Jaya Pahlawan menerima penghargaan yang diserahkan oleh Taufik, Chief Operating Officer of MarkPlus, Inc, Rabu (25/6) malam di Jakarta.

Selain PLN, untuk kategori BUMN, PT Pos Indonesia (Persero) meraih Silver Champion. Untuk kategori Departemen masing-masing diberikan kepada : Departemen Kesehatan (Gold Champion), Departemen Dalam Negeri (Silver Champion) dan Departemen Keuangan (Bronze Champion). Sementara untuk kategori Non – Kementerian hanya ada satu pemenang, yaitu : Kepolisian Republik Indonesia (Gold Champion).

MarkPlus Insight pada tahun 2014 ini, kembali melakukan survei untuk mengukur popularitas dari kebijakan Instansi Layanan Publik yang ada di Indonesia dengan mengacu pada 5 aspek utama, yaitu : awareness, appeal, ask, act dan advocate. Survei dengan metode random sampling ini dilakukan pada Januari hingga Februari 2014 terhadap 6000 responden dengan rentang usia 15 – 59 tahun yang tersebar di 18 kota besar, yaitu : Greater Jakarta, Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Makassar dan Jayapura.

“Kami melakukan survei ini dengan menggunakan metode phone survey dan random sampling terhadap 6000 responden dari 18 kota besar di Indonesia. Responden merupakan masyarakat umum, bukan Pegawai Negeri/BUMN/TNI-POLRI dan mewakili masyarakat kelas ekonomi A hingga C” ujar Taufik, Chief Operating Officer of MarkPlus, Inc.

Penghargaan Indonesia WOW Brand 2014 kategori Public Services ini diberikan kepada instansi-instansi publik yang memiliki kredibilitas tinggi yang dinilai dari aspek-aspek seperti awareness yang baik di masyarakat, kebijakan instansi yang paling disukai publik, dan tingkat kepercayaan dan rekomendasi publik terhadap instansi tersebut.

PLN dari hasil survei, dinilai responden sebagai BUMN yang telah mendapatkan kepercayaan dari publik sebagai Lembaga Publik dengan kebijakan yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memanfaatkan transparansi layanan/program yang dihasilkan PLN. Kemudahan mendapatkan layanan listrik : Sambung Baru dan Perubahan Daya serta adanya Layanan Online yang disajikan PLN melalui sejumlah channel seperti yang ada di Contact Center PLN 123 dinilai responden sebagai layanan yang membantu mereka berinteraksi dengan PLN.

“PLN terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, terutama kemudahan akses mendapatkan listrik dengan hadirnya Contact Center PLN 123. Melalui layanan ini, PLN menghadirkan transparansi layanan kepada masyarakat” jelas Direktur (Niaga, Manajemen Resiko dan Kepatuhan) PLN, Moch. Harry Jaya Pahlawan

Pada era seperti sekarang ini, di mana konsumen semakin pintar, instansi layanan publik kian dituntut untuk memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Dengan semakin tingginya kebutuhan terhadap layanan publik yang profesional dan kebijakan yang bermanfaat untuk masyarakat mengharuskan instansi Layanan Publik di Indonesia terus melakukan perubahan dan pembenahan, baik dalam pelayanan maupun pembuatan kebijakan.

 

Kontak:
Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email : bambang.dwiyanto@pln.co.id