PLN Luncurkan FSO Mobile Untuk Mempercepat Layanan Listrik

Jakarta, 20 November 2013 – PT PLN (Persero) bersama dengan PT Indonesia Comnets Plus (ICON+), anak perusahaan PLN penyelenggara jaringan dan layanan telekomunikasi, meluncurkan aplikasi Field Service Operation (FSO) Mobile untuk menunjang operasional layanan dan peningkatan layanan PLN kepada pelanggan. Peluncuran FSO dilaksanakan pada Rabu, (20/11) di PLN Area Bogor, Jawa Barat oleh Direktur Niaga, Manajemen Resiko dan Kepatuhan (NRK) PLN, Moch. Harry Jaya Pahlawan.

FSO Mobile adalah aplikasi mobile berbasis sistem operasi android yang dibuat dan dikembangkan oleh ICON+ untuk digunakan oleh petugas PLN, khususnya petugas lapangan, dalam melayani kebutuhan listrik pelanggan. FSO Mobile terintegrasi dengan aplikasi layanan pelanggan PLN yang berbasis web, terpusat dan terpadu yang memungkinkan PLN dapat memonitor kinerja pelayanan pelanggan di unit-unit secara online dan realtime.

Menurut Direktur PLN, Moch. Harry Jaya Pahlawan, tujuan dari dibuatnya aplikasi ini adalah untuk membantu PLN dalam menyiapkan strategi percepatan dan peningkatan kinerja sesuai dengan SLA (Service Level Agreement). “Aplikasi FSO ini juga sangat mendukung program kemudahan Getting Electricity yang sedang gencar dilakukan PLN dalam rangka meningkatkan layanan PLN”, Ujar Harry.

Untuk mendukung penerapan FSO, setiap petugas PLN pelaksana penyambungan listrik, dibekali dengan smartphone berbasis android yang sudah dipasangkan FSO Mobile. Dengan bekal ini, para petugas PLN dituntut untuk memberikan respon cepat terhadap permintaan layanan listrik dari pelanggan. “Kami berharap dengan adanya aplikasi ini para pelanggan PLN dapat memantau permintaan listrik mereka secara transparan dan accountable, sehingga akan meningkatkan kinerja PLN”, ujar Direktur Niaga ICON+, Hikmat Drajad, yang hadir pada acara peluncuran.

Sebagai tahap awal penerapan FSO Mobile, telah dilaksanakan di PLN Rayon Bogor Kota, Rayon Bogor Timur dan Rayon Cipayung. Selanjutnya pada trimulan I 2014 akan diterapkan di seluruh Rayon di Area Bogor meliputi Rayon Bogor Barat, Rayon Leuwiliang dan Rayon Jasinga. Kemudian pada triwulan II & III 2014, FSO Mobile sudah diterapkan di seluruh Rayon di PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten.

Dengan penerapan FSO Mobile dalam pelayanan pelanggan, diharapkan akan memberi manfaat :

    1. Mempercepat response time layanan ketersediaan listrik kepada pelanggan
    2. Mengkolaborasikan pekerjaan dan operasional mitra kerja PLN, penyimpanan material, dengan petugas PLN secara real time dan online. 
    3. Memonitor pelaksanaan seluruh kegiatan petugas PLN di lapangan 
    4. Mempercepat pelaksanaan dan penyelesaian work order.
    5. Memperoleh koordinat bangunan milik pelanggan/calon pelanggan dengan mudah dan cepat.
    6. Memutus birokrasi yang berlebihan dan mengurangi penggunaan kertas.

 

 

 

 

Kontak:
Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id