Gangguan Pasokan Listrik Bandara Soekarno Hatta

(Jakarta, 11 Oktober 2013) Gangguan pada jaringan transmisi listrik Duri Kosambi – Cengkareng, khususnya di Gardu Induk (GI) Cengkareng yang terjadi pada pukul 14.00 WIB telah menyebabkan terhentinya sementara pasokan listrik ke bandara Soekarno Hatta. Terhentinya pasokan listrik ke bandara ini tidak berlangsung lama. PLN sesegera mungkin mengalihkan pasokan listrik ke bandara dari sub sistem kelistrikan Balaraja sehingga pada pukul 14.15 WIB listrik di bandara normal kembali. Jadi gangguan listrik di bandara Cengkareng terjadi sekitar 15 menit. PLN mohon maaf atas kejadian ini.

Gangguan yang terjadi diakibatkan adanya sambaran petir yang besar di GI Cengkareng yang menyebabkan putusnya ground wire (pelindung kabel penghantar) yang kemudian menimpa kabel jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Duri Kosambi -Cengkareng.

Dampak dari gangguan jaringan transmisi ini juga menyebabkan terjadinya pemadaman di sekitar Cengkareng. Untuk memulihkan pasokan listrik sepenuhnya, PLN sedang menambah pasokan dari sub sistem kelistrikan lain di sekitarnya dan ditargetkan malam ini normal sepenuhnya.

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp 021 726122
Email bambang.dwiyanto@pln.co.id