Presiden SBY Resmikan 4 PLTU Proyek 10 Ribu MW

(Pacitan, 16 Oktober 2013) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan beroperasinya 4 pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di pulau Jawa dengan total kapasitas 2.550 Mega Watt (MW). Peresmian empat pembangkit ini dipusatkan di Pacitan, Jawa Timur pada Rabu, 16 Oktober 2013. Empat PLTU tersebut adalah PLTU 1 Jawa Timur, Pacitan, unit 1 dan unit 2 kapasitas 2 x 315 (MW), PLTU 2 Jawa Timur, Paiton, unit 9 kapasitas 1 x 660 MW, PLTU 3 Banten, Lontar, unit 2 dan unit 3 kapasitas 2 x 315 MW, dan PLTU 1 Jawa Tengah, Rembang, unit 1 dan unit 2 kapasitas 2 x 315 MW.

Beroperasinya empat pembangkit batu bara ini sangat strategis untuk memperkuat pasokan listrik di sistem kelistrikan interkoneksi Jawa-Madura-Bali. Meskipun cadangan pasokan listrik cukup di Jawa-Madura-Bali, namun dengan pertumbuhan permintaan listrik di Jawa-Madura-Bali yang mencapai 7% per tahun dan beban puncak yang mencapai 22.381 MW, diperlukan tambahan kapasitas pembangkit minimal 1.500 hingga 2.000 MW per tahunnya.

Proyek PLTU yang diresmikan hari ini, merupakan bagian dari program percepatan pembangunan pembangkit listrik dengan menggunakan bahan bakar batu bara dengan total kapasitas mencapai 10.000 MW, dikenal dengan sebutan Fast Track Program tahap 1 atau FTP-1. PLN sebagai perusahan negara mendapat mandat untuk melaksanakan pembangunan proyek ini sesuai Peraturan Presiden RI Nomor 71 tahun 2006. Hingga saat ini, pembangkit FTP-1 yang telah beroperasi komersial sebanyak 5.070 MW dan yang sedang dalam proses uji coba atau komisioning adalah 2.115 MW sedangkan sisanya sebanyak 2.119 MW dalam pelaksanaan konstruksi. Diharapkan dalam tahun 2014, seluruh pembangkit proyek FTP-1 dapat diselesaikan.

 

Profil 4 PLTU

  1. PLTU 1 Jawa Timur. Dikenal dengan nama PLTU Pacitan, terletak di desa Sukorejo Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan. Proyek PLTU ini dikerjakan oleh Konsorsium Dongfang Electric Corporation dan PT Dalle Energy. Dua unit pembangkit sudah beroperasi secara komersial (commercial of date/COD). Unit 1 COD pada 22 Juni 2013 dan unit 2 COD pada 21 Agusus 2013. Energi listrik yang dihasilkan oleh PLTU ini disalurkan melalui gardu induk di PLTU Pacitan menuju gardu induk Pacitan Baru dan gardu induk Wonogiri. Kebutuhan batu bara dipasok oleh PT Bukit Asam. Transportasi laut angkutan batu bara dilaksanakan oleh PT Bahtera Adhiguna, anak perusahaan PLN, dengan menggunakan Kapal Motor Intan Baruna yang mampu mengangkut hingga 20.000 ton batu bara.
  2. PLTU 2 Jawa Timur. Dikenal dengan nama PLTU Paiton Baru, terletak di desa Bhinor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Proyek PLTU ini dikerjakan oleh Konsorsium Harbin Power Engineering Ltd dan PT Mitra Selaras Hutama Energi. PLTU Paiton Baru telah COD pada tanggal 9 Mei 2013. Energi listrik yang dihasilkan oleh PLTU Paiton Baru disalurkan melalui gardu induk tegangan ekstra tinggi Paiton. Kebutuhan batu bara dipasok oleh PT Bukit Asam. Transportasi laut angkutan batu bara dilaksanakan oleh PT Bahtera Adhiguna, anak perusahaan PLN.
  3. PLTU 3 Banten. Dikenal dengan nama PLTU Lontar, terletak di desa Lontar Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang. Proyek PLTU Lontar dikerjakan oleh Konsorsium Dongfang Electric Corporation dan PT Dalle Energy. PLTU Lontar terdiri dari tiga unit dengan kapasitas 3 x 315 MW. Unit 1 PLTU Lontar telah diresmikan oleh Presiden SBY pada bulan Desember 2011 lalu. Pembangkit yang diresmikan pengoperasiannya hari ini adalah PLTU Lontar unit 2 dan unit 3. PLTU Lontar unit 2 telah beroperasi komersial sejak 29 Februari 2012 dan unit 3 telah beroperasi komersial sejak 10 April 2012. Energi listrik yang dihasilkan oleh PLTU Lontar disalurkan melalui gardu induk PLTU, gardu induk Teluk Naga dan gardu induk Tangerang Baru. Kebutuhan batu bara dipasok oleh PT Bukit Asam. Transportasi laut angkutan batu bara dilaksanakan oleh PT Bahtera Adhiguna, anak perusahaan PLN.
  4. PLTU 1 Jawa Tengah. Dikenal dengan nama PLTU Rembang, terletak di desa Leran dan desa Trahan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. Proyek PLTU Rembang dikerjakan oleh Konsorsium Zelan – Priamanaya – Tronoh. Kedua unit PLTU ini telah beroperasi secara komersil sejak 10 Desember 2011. Energi listrik yang dihasilkan oleh PLTU Rembang disalurkan melalui gardu induk PLTU menuju gardu induk Rembang dan gardu induk Pati. Kebutuhan batu bara dipasok oleh PT Bukit Asam dan Kaltim Prima Coal.

 

 

 

 

Kontak :
Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id