Pasca Banjir, PLN Himbau Masyarakat Tetap Waspada

(Jakarta, 23/1) Musibah banjir yang melanda Kota Jakarta masih belum berakhir. Pascabanjir ini, masih ada beberapa masalah yang harus segera diselesaikan dan ditanggulangi, termasuk masalah listrik. Petugas PLN terus melakukan revisi, pembersihan, dan assessment terhadap gardu distribusi yang dipadamkan demi keamanan dan keselamatan masyarakat saat banjir.

Pemadaman gardu distribusi dilakukan apabila lingkungan pelanggan terendam, gardu distribusi terendam, atau keduanya terendam. Pada hari Jumat (18/1) gardu distribusi yang dipadamkan mencapai angka tertinggi yaitu sebanyak 1847 gardu. Dengan semakin membaiknya kondisi daerah yang terkena dampak banjir dan instalasi listriknya sudah bisa dialiri listrik, maka petugas PLN mulai bergerak ke gardu-gardu distribusi untuk melakukan assessment dan revisi. Sampai dengan pukul 08.00 WIB (23/1) masih tersisa 68 gardu distribusi yang masih dipadamkan karena kondisi masih belum memungkinkan untuk dinyalakan baik dari sisi instalasi masyarakat maupun PLN. Di luar gardu padam masih ada 56 gardu yang sudah beroperasi tetapi dilepas jurusan tegangan rendah karena sebagian pelanggan belum bisa dialiri listrik.

Sementara itu, PLN akan mengganti KWH meter pelanggan-pelanggan yang terendam banjir dengan tidak dipungut biaya atau Gratis. PLN menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap oknum yang memanfaatkan kondisi ini dengan memungut biaya penggantian KWH meter. Petugas PLN akan melakukan survey dan pendataan kepada pelanggan yang KWHnya terendam banjir, selanjutnya dilakukan pengganian secara bertahap.

Meskipun banjir sudah surut dimohon kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap datangnya banjir susulan. Hal yang harus dilakukan apabila air air sudah mulai menggenangi lingkungan adalah memastikan posisi MCB dalam keadaan off, mencabut semua peralatan elektronik dari saklar dan memindahkannya ke tempat yang aman. Petugas PLN juga selalu bersiap untuk memadamkan aliran listrik apabila banjir datang lagi demi keamanan dan keselamatan pelanggan itu sendiri. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi call center 123, website www.pln.co.id, atau download aplikasi INFO PLN di smart phone berbasis android, iPhone, dan Windows phone.

Kontak :
Irwan Darwin
Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan
PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang