Masih 445 Gardu Dipadamkan

(Jakarta, 21/1) Masih terganggunya PLTU Muara Karang mengakibatkan Gardu Induk Budi Kemuliaan dan Gardu Induk Kebon Sirih mengalami gangguan. Untuk saat ini pelanggan yang dilayani dari Gardu Induk Kebon Sirih yaitu di wilayah Thamrin, Tanah Abang, Merdeka Barat, Cikini Raya, Pasar Senen, Wahid Hasyim, Gondangdia, dan sekitarnya dinyalakan sementara dengan pengaturan jaringan di sisi tegangan menengah 20 KV yang kemampuannya terbatas.

PLN menghimbau kepada pelanggan besar di daerah tersebut untuk tetap menggunakan genset (captive power). Sedangkan untuk Gardu Induk Budi Kemuliaan yang melayani wilayah Budi Kemuliaan, Suryo Pranoto, Jati Baru, Abdul Muis, sebagian Tanah Abang, Jl. Fahrudin, dan Jl. Gambir Buntu belum bisa dilayani karena PLTU Muara Karang masih tergenang.

Untuk pelanggan besar di wilayah-wilayah tersebut juga dihimbau untuk menggunakan genset masing-masing. Saat ini PLN terus melakukan upaya pengaturan jaringan agar pasokan listrik di daerah tersebut dapat dinyalakan secara bertahap. Setelah menyala, PLN juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap bijak menggunakan listrik mengingat pasokan listrik dari kedua gardu induk tersebut belum sepenuhnya normal.

Untuk wilayah lain yang masih terkena dampak banjir, PLN belum dapat menyambung aliran listriknya karena hal itu demi keamanan dan keselamatan masyarakat sendiri.

Apabila wilayah tersebut sudah surut, PLN pun tidak serta merta akan menyalakan gardu Distribusi karena perlu waktu untuk melakukan revisi dan pembersihan gardu. Disamping itu instalasi dan alat elektronik di rumah pelanggan juga harus sudah dalam keadaan kering untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Upaya PLN untuk menormalkan gardu Distribusi hingga saat ini terus berlangsung. Tercatat hingga pukul 16.00 WIB (21/1/13) sebanyak 445 gardu distribusi yang masih dipadamkan karena belum memungkinkan untuk dinyalakan. Upaya penormalan gardu distribusi yaitu dengan merevisi dan membersihkan bagian-bagian yang ada di dalamnya agar fungsinya bisa berjalan lagi dengan baik.

 

Kontak :

Irwan Darwin

08161991757

Deputy Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan

PLN Distribusi Jakarta Raya & Tangerang