Listrik Pulau Bunyu 100% Gas, PLN Hemat 10 Miliar Per Tahun

(Pulau Bunyu – Kalimantan Utara, 20/12) Sejak dioperasikan Oktober 2012, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 2 x 1000 kW, PLN Bunyu tidak lagi mengoperasikan pembangkit diesel berbahan bakar solar HSD.

Kehadiran PLTMG Bunyu merupakan bagian dari program PLN dengan nama “3G atau Go Green with Gas” yang menunjukkan komitmen dan kepedulian PLN terhadap lingkungan. PLTMG Bunyu mendapatkan suplai gas dari Pertamina EP sebesar 0,3 mmbtu yang dapat memberikan kontribusi dan potensi penghematan penggunaan BBM sebesar Rp. 10 miliar per tahun.

“Untuk mengurangi biaya operasional terutama dalam menekan penggunaan BBM untuk pembangkit, PLN terus bekerja keras mengupayakan penggunaan sumber-sumber energi non BBM, termasuk gas untuk kistrik di pulau Bunyu ini. Komitmen PLN untuk memanfaatkan potensi dan kearifan lokal dengan menggunakan gas untuk PLTMG, secara ekuivalen dapat memberikan kontribusi untuk penghematan BBM sebesar Rp. 10 miliar per tahun dari beroperasinya PLTMG Bunyu”, jelas Direktur Operasi PLN Indonesia Timur, Vickner Sinaga.

Sementara itu, General Manager PLN Wilayah Kalimantan Timur, Nyoman S. Astawa dalam kesempatan acara penyerahan MURI 100% Rasio Elektrifikasi dan 100% Gas untuk Pulau Bunyu juga menjelaskan mengenai rencana 100% gas di pulau Nunukan dan pulau Sebatik.

“Tahun 2013 kami juga akan melakukan 100% gas di pulau Nunukan dan pulau Sebatik dengan cara mengoperasikan PLTMG berkapasitas 8 Mega Watt di Sembakung dan menyalurkannya melalui kabel laut yang saat ini sedang dibangun PLN, yaitu Sembakung ke pulau Nunukan dan dari pulau Nunukan ke pulau Sebatik dengan total panjang Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah (SKLTM) 28,5 kms” terang Nyoman Astawa, GM PLN Wilayah Kalimantan Timur.

Pulau Bunyu, Pulau Pertama di Indonesia 100% Berlistrik

Pulau Bunyu, yang berada di Kalimantan Utara, sejak Kamis 20 Desember 2012 resmi mencatatkan sejarah menjadi pulau pertama di Indonesia yang 100% penduduknya telah menikmati layanan listrik. Prestasi PLN Bunyu dan PLN Area Berau yang berada dalam wilayah kerja PLN Wilayah Kalimantan Timur, mendapatkan pengakuan dan tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) No. 5749.

Penyerahan rekor MURI sebagai Pulau Pertama di Indonesia yang 100% penduduknya telah menikmati layanan listrik, dilakukan Kamis (20-12-2012) pagi di Pulau Bunyu oleh Paulus Pangka selaku wakil dari MURI dan dihadiri Direktur Operasi PLN Indonesia Timur, Vickner Sinaga, GM PLN Kalimantan Timur, Nyoman S. Astawa serta Kepala Divisi Gas dan BBM PLN, Suryadi Mardjoeki serta masyarakat Pulau Bunyu.

“MURI memberikan penghargaan dan pengakuan atas keberhasilan PLN, khususnya PLN Bunyu dan PLN Area Berau atas upaya dan prestasinya dalam merealisasikan layanan listrik kepada seluruh masyarakat yang ada di pulau Bunyu, sehingga memiliki rasio Elektrifikasi 100%, dan ini merupakan pulau di Indonesia yang pertama 100% berlistrik” jelas Paulus Pangka dari MURI.

Manajer PLN Area Berau, Susilo menjelaskan bahwa saat ini, dari sekitar 2.700 kepala keluarga atau 10.100 jiwa yang ada di pulau Bunyu, 100% telah mendapatkan layanan listrik dari PLN. “Seluruh masyarakat yang ada di pulau Bunyu, sekitar 2.700 kepala keluarga telah mendapatkan layanan listrik dari PLN. Kami dengan kondisi pasokan yang cukup, dimana listrik dari PLTMG berkapasitas 2.000 kilo Watt (kW) siap memenuhi permintaan listrik masyarakat” jelas Susilo.

Yohanes (58 tahun) warga pulau Bunyu, merasa senang atas kemudahan dalam mendapatkan sambungan listrik yang sebelumnya dirasakan susah karena keterbatasan kemampuan PLN Bunyu. “Sekarang kami dengan mudah bisa dilayani untuk pasang listrik, terima kasih untuk PLN yang sudah meningkatkan pelayanan di tempat kami” ujar Yohanes.

Kontak :

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id