Perkuat Kelistrikan di Sumut, PLN Tandatangi PPA PLTU Nias dan Pembelian Excess Power PLTU Biomass.

(Jakarta, 16/5) Untuk memperkuat sistim kelistrikan di Sumatera Utara, khususnya di wilayah Kepulauan Nias, PT PLN (Persero) telah menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik (Power Purchase Agremeent/PPA) PLTU Nias berkapasitas 3 x 7 MW dengan konsorsium PT Irsac Power sebagai pengembang listrik swasta (Independent Power Producer/IPP). Naskah PPA ditandatangani oleh General Manager PLN Wilayah Sumatera Utara R. Krisna Simbaputra dengan Direktur Utama PT Irsac Power Kethireddy Narendrareddy dengan disaksikan Direktur Operasi PLN Indonesi Barat Harry Jaya Pahlawan dan Walikota Gunung Sitoli Martinus Lase di Kantor PLN Pusat, Rabu (16/5).

Selain itu, pada waktu yang bersamaan General Manager PLN Wilayah Sumatera Utara R. Krisna Simbaputra juga menandatangani nota kerjasama Excess Power PLTU Biomass berkapasitas 10 MW dengan Direktur Utama PT Growth Asia, Caterin Widjaja selaku pengelola PLTU Biomass yang berlokasi di Kawasan Industri Medan, Sumatera Utara.
Nantinya pasokan dari  PLTU Nias dan Excess Power PLTU Biomass ini akan semakin memperkuat sistim kelistrikan di Kepulauan Nias dan juga sebagian wilayah Sumatera Utara.

Rencananya, PLTU Nias  akan dibangun oleh konsorsium PT Irsac Power  di atas lahan seluas 12 hektar yang berada di Desa Simanere/Dahana, Kecamatan Gunung Sitoli Idanoi, Kota Gunung Sitoli.  Investasi yang dibutuhkan untuk membangun PLTU ini  sebesar 35 Juta US Dollar dan ditargetkan akan selesai pembangunannya dalam jangka waktu 26 bulan sejak dilakukannya penandatanganan PPA.

“Pemerintah dan warga masyarakat yang ada di Kota Gunung Sitoli siap dan sangat mendukung rencana pembangunan PLTU Nias di tempat kami, karena sebagai daerah otonomi baru yang diresmikan pada tahun 2009, daerah kami sangat membutuhkan kehadiran infrastruktur kelistrikan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat” kata  Walikota Gunung Sitoli Martinus Lase.

Selama ini kelistrikan di Kepulauan Nias masih ditopang oleh beberapa pembangkit listrik yang menggunakan BBM.  Oleh sebab itu, keberadaan PLTU Nias ini akan memberikan dampak yang sangat signifikan untuk mengurangi penggunaan BBM bagi pembangkit listrik.

 

 

Kontak :

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id