PLN Dan VICO Tandatangani Nota Kesepahaman Jual Beli Gas Metana Batubara

(Jakarta 4/11) PT PLN (Persero) dan Virginia Indonesia Company (VICO) hari ini Jum’at 4 November 2011 di kantor Kementrian ESDM menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk melakukan jual beli gas metana batubara atau coal bed methane (CBM) dari KKS CBM Sanga-Sanga Kalimantan Timur.  Melalui Nota Kesepahaman ini, VICO akan memasok gas CBM ke PLN sebesar 0.5 mmscfd untuk jangka waktu minimal 5 tahun. Langkah ini akan menjadi pemanfaatan CBM untuk listrik yang pertama kali di Indonesia.

Nota Kesepahaman ini bersifat tidak mengikat. Para pihak yang terlibat saat ini sedang bekerja untuk memenuhi termin-termin penjualan gas yang akan menjadi bagian dari Perjanjian Jual Beli Gas atau Gas Sales and Purchase Agreement (GSPA) yang akan ditanda-tangani kemudian dan menjadi dasar untuk pengiriman gas yang diharapkan akan dimulai di akhir 2011.

CBM merupakan gas alam yang didominasi gas metana yang terdapat di dalam batubara. Pemerintah saat ini sedang berupaya mengembangkan potensi CBM di daerah-daerah penghasil batubara untuk menambah supply gas sebagai salah satu alternatif energi yang dapat dimanfaatkan oleh PLN.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan bahwa PLN sangat mendukung program Pemerintah dalam pengembangan CBM.  “PLN siap membeli CBM dari pengembang manapun mulai dari tahap dewatering sampai fase produksi, baik dalam bentuk listrik maupun gas” kata Nur Pamudji.

Pada fase dewatering, PLN membeli listrik dari pengembang CBM untuk melistriki warga, khususnya di sekitar lokasi pengembangan CBM.  Pada fase produksi, cakupan pemanfaatan CBM akan diperluas, gas metana yang dihasilkan akan dibeli PLN bisa dalam bentuk gas, CNG maupun LNG, untuk memasok pembangkit besar setempat maupun di lokasi lain.

“PLN berharap kerja sama ini dapat ditingkatkan secara jangka panjang mengingat potensi CBM yang besar dan kebutuhan PLN untuk terus menerus menyalurkan listrik ke pelanggan.  ” ujar Nur Pamudji.

 

 

 

Kontak :

______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Fac. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id