PLN Terapkan Uji Kompetensi Secara Online

(Jakarta, 28 Oktober 2011) Sejalan dengan komitmen manajemen untuk terus meningkatkan kompetensi pegawai, sejak akhir September lalu PLN telah melaksanakan dua kali ujian kompetensi bagi pegawai yang dilakukan secara serentak di seluruh unit.

Uji kompetensi ini  dilakukan secara online sehingga pegawai PLN yang tersebar di seluruh pelosok nusantara bisa mengikuti ujian melalui komputer yang tersambung dengan jaringan internet dan tidak perlu meninggalkan tempat kedudukannya.

Tujuan diterapkan uji kompetensi adalah untuk memetakan level kompetensi pegawai PLN sebagai dasar bagi pembinaan kompetensi dan karier pegawai menuju terwujudnya visi PLN sebagai perusahaan kelas dunia. Dengan demikian pada saatnya nanti setiap pegawai PLN benar-benar diakui kemampuan dan kompetensinya.

Hingga akhir Oktober ini, tercatat 24.051 pegawai dari potensi peserta 24.600 pegawai, yang sudah mengikuti uji kompetensi online tersebut. Ini berarti 97.77 % pegawai dari potensi peserta telah mengikuti ujian. Potensi peserta dilihat dari ketersediaan soal uji dan usia pegawai.

Beberapa bidang pekerjaan memang masih menunggu kesiapan soal ujian. Tingkat keikutsertaan pegawai yang tinggi (hingga lebih dari 97%) ini menunjukkan bahwa pegawai PLN bisa menerima kehadiran uji kompetensi online dan siap untuk dikembangkan kompetensinya.Hasil uji kompetensi akan menjadi dasar bagi pembinaan kompetensi dan karier pegawai.

Pegawai yang sangat kompeten akan diuji lagi pada level kompetensi di atasnya dan jika berhasil akan dikembangkan ke posisi yang lebih tinggi. Sementara bagi pegawai yang dinyatakan kurang kompeten pada bidang pekerjaannya, maka akan dilakukan langkah-langkah peningkatan kompetensinya secara berkelanjutan, untuk selanjutnya akan diuji kembali kompetensinya sampai yang bersangkutan dinyatakan kompeten.

 

 

Kontak :

______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Fac. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id