KNIFE 2011 Knowledge, Norm discussion forum, Innovation contest, Festival and Exhibition

(Jakarta, 19 Oktober). PT PLN (Persero) kembali menggelar forum inovasi dan pengembangan teknologi yang dikemas dengan nama KNIFE (Knowledge, Norm Discussion Forum, Innovation Contest, Festival and Exhibition) yang dibuka secara resmi oleh Menteri Negara Riset & Teknologi (Menristek), Jum’at (19/10) di Plaza terbuka Kantor PLN Pusat, sekaligus menandai dibukanya Pameran Karya Inovasi 2011 yang akan berlangsung hingga Minggu, 23 Oktober 2011.

KNIFE 2011 yang dibesut oleh Unit PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Ketenagalistrikan ini merupakan  suatu forum yang  mengkolaborasi kegiatan Knowledge Sharing, Forum Diskusi Standardisasi, Lomba Karya Inovasi dan Forum Diskusi Inovasi serta  Pameran Karya Inovasi. Penyelenggaraan KNIFE kali ini merupakan yang ketiga kalinya sejak digulirkan pada tahun 2009.  Forum inovatif ini dimaksudkan sebagai ajang untuk sharing pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan inovasi dan standardisasi. Selain itu, diharapkan Melalui acara ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya budaya untuk berbagi pengetahuan dan mendorong SDM PLN untuk menghasilkan karya inovasi yang lebih berbobot lagi serta juga untuk mendorong di hasilkannya standar perusahaan (SPLN) yang diperlukan oleh PLN.

Acara KNIFE meliputi kegiatan Lomba Karya Inovasi, Pameran Karya Inovasi, Knowledge Sharing. Lomba Karya Inovasi merupakan salah satu kegiatan KNIFE yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1999, dan untuk tahun 2011 merupakan penyelenggaraan untuk yang ke empatbelas kalinya yang diikuti oleh unit-unit/Anak Perusahaan PLN untuk memperebutkan Piala Bergilir Juara Umum Direktur Utama PT PLN (Persero).

Pameran Karya Inovasi menampilkan karya-karya inovasi dari unit/anak perusahaan PLN yang merupakan sebagai dari karya inovasi yang telah diimplementasikan di PLN. Tujuan penyelenggaraan pameran karya inovasi di samping untuk meningkatkan pengetahuan dan menjaga kelestarian Hak Kekayaan Intelektual dari karya inovasi, juga meningkatkan kreatifitas para pegawai PLN untuk selalu berbagi inovasi dalam mengatasi pemasalahan di unit PLN.

Sementara itu untuk Knowledge Sharing akan mengundang para pembicara dari luar PLN dan dari dalam PLN sendiri, diantaranya dari CIRED dengan pembicara Ignatius Rendroyoko (PT PLN), Pembangkit Skala Kecil dengan pembicara Willy Adriansyah (ITB), Photovoltaik dengan pembicara Pahlawan Sagala (LEN), LED dengan pembicara Kastam (ITB), Meter Pra Bayar dengan pembicara Rudy Setyobudi (PLN Distribusi Jawa Tengah & DIY).

Selama kurun waktu lebih dari 1 dasawarsa PLN Puslitbang Ketenagalistrikan telah mengumpulkan sekitar 1.664 karya inovasi.  Dalam tahun 2011 ini 6 (enam) karya inovasi PLN berhasil mendapatkan penghargaan dari MENRISTEK pada tanggal 10 Agustus 2011 yang merupakan bagian  dari 103 karya inovasi paling prospektif di Indonesia.

Keenam karya inovasi tersebut yaitu :

1. Scada Gateway, solusi cerdas untuk pengembangan substation automation.

2. Penentuan Beban Trafo Distribusi tanpa pengukuran.

3. Alat pelacak lokasi gangguan baterai ground pada instalasi pembangkit.

4. Peta Kesehatan Unit.

5. Informasi ROW SUTM Real Time melalui Aplikasi Peta Pohon.

6. Kontrol overload and unbalance Transformator untuk pengantisipasian kerusakan Trafo Distribusi berbasis visual dan telemetering.

Dari karya-karya inovasi yang terkumpul masih sekitar 10% yang didaftarkan ke HAKI dengan rincian karya inovasi yang telah mendapatkan sertifikat paten, baru 3 karya inovasi  (Robolay, Paket Siaga dan RCJDW).  Sementara itu yang sedang dalam proses pendaftaran ke HAKI ada 10 karya inovasi. Untuk pemrosesan paten dan pendaftaran ke HAKI, diperlukan seleksi dan kelayakan teknis untuk suatu karya inovasi yang dikelola oleh PLN Puslitbang. Karena proses untuk mendapatkan sertifikat paten memakan waktu  3 tahun  untuk masa publikasinya dan diperlukan 3 unsur yaitu, kebaruan, langkah inventif dan dapat diterapkan dalam industri.

Kesemua mekanisme dari munculnya karya inovasi sampai di lombakan, dievaluasi dan dikaji serta dan dikembangkan menjadi tugas PLN PUSLITBANG ( Pusat Penelitian dan Pengembangan ) Ketenagalistrikan untuk mengelolanya.

 

 

Kontak :

______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Fac. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id