PLN dan PPA Jalin Kerjasama Pengelolaan Aset

(Jakarta, 19/08) Sebagai salah satu BUMN yang memiliki aset, khususnya berupa tanah dan bangunan dalam jumlah yang tidak sedikit serta tersebar di banyak lokasi, PT PLN (Persero) telah berkomitmen untuk terus meningkatkan penataan dan efisiensi pengelolaan aset-aset tersebut.

Sejalan dengan komitmen ini, PLN telah menjalin kerjasama dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) sebagai BUMN yang telah memiliki reputasi dan pengalaman dalam mengelola aset milik BUMN. Kerjasama antar BUMN itu, ditandai dengan telah ditandatanganinya Nota Kesepahaman oleh Direktur Utama PLN Dahlan Iskan dan Direktur Utama PPA Boyke Wibowo Mukiyat, Jumat (19/08) di Kantor PLN Pusat, Jakarta.

“Kerjasama ini dimaksudkan agar seluruh asset PLN, khususnya berupa tanah dan bangunan yang tersebar di banyak tempat dapat dikelola dengan lebih baik lagi, sekaligus untuk meningkatkan nilai dan mengoptimalisasi pengelolaan aset dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG) sehingga pengelolaan asset ini bisa memberikan kontribusi nilai tambah bagi kedua belah pihak”, demikian dikatakan Dahlan Iskan.

Sementara itu, Direktur Utama PPA, Boyke Wibowo Mukiyat menyampaikan “Bahwa kerjasama ini merupakan salah satu bentuk nyata Sinergi BUMN dan menjadi stepping stone yang kokoh buat kerjasama yang lebih luas diantara kedua BUMN di masa yang akan datang”.

Dalam pelaksanaannya nanti, baik PLN maupun PPA telah sepakat untuk saling melakukan tukar-menukar data maupun informasi atas aset yang akan dikelola dalam rangka melakukan kegiatan kegiatan awal pengelolaan Aset yang antara lain kegiatan uji tuntas (due diligence), verifikasi dokumen maupun fisik, kajian-kajian serta kegiatan lainnya yang diperlukan terkait rencana pengelolaan aset.

Saat ini PLN setidaknya memiliki dan mengelola sejumlah asset yang tersebar di banyak lokasi, dimana aset tersebut berupa lahan tanah sebanyak 444 unit dengan total  luas mencapai 7.254.957 m2 , bangunan rumah (rumah jabatan, rumah instalasi dan rumah dinas) sebanyak 6.575 unit dan aset gedung kantor sebanyak 1.178 unit. Diharapkan kedepannya, lewat kerjasama dengan PPA ini, maka penataan serta pengelolaan tanah dan bangunan milik PLN tersebut dapat lebih dioptimalkan sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

 

 

Kontak :

______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Telp. 021 7261122
Fac. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id