Perkuat Sistem Kelistrikan Sumbagsel, PLN Bangun PLTG

(Jakarta, 4/8) Sebagai upaya untuk memperkuat sistem kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), PT PLN (Persero) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Borang dengan kapasitas 1 x 60 Megawatt (MW) yang terletak di desa Merah Mata Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Pemasangan tiang pancang pertama (ground breaking) yang secara simbolis menandai dimulainya pembangunan PLTG Borang dilakukan oleh Direktur Operasi PLN Indonesia Barat, Harry Jaya Pahlawan, Kamis (4/8).

PLTG Borang dibangun sebagai tindak lanjut dari adanya perjanjian kerjasama sewa beli PLTG antara PLN Pembangkitan Sumbagsel dengan konsorsium PT Wijaya Karya dan PT Navigat Energy.  Skema sewa beli PLTG Borang akan berlangsung selama 7 (tujuh) tahun, sejak mulai beroperasi secara komersial. Setelah kontrak perjanjian berakhir, maka kepemilikan dan pengelolaan PLTG Borang akan diserahkan kepada PLN.

Diperkirakan masa konstruksi pembangkit ini akan memakan waktu sekitar 6 (enam) bulan yang meliputi tahapan Engineering,  Procurement dan  Construction (EPC) dan diharapkan pada pada awal tahun 2012, PLTG Borang sudah bisa beroperasi penuh. Selain PLTG Borang, di lingkungan  PLN Pembangkitan Sumbagsel terdapat beberapa proyek pembangkit listrik tenaga gas yang dikembangkan dengan skema sewa beli, diantaranya PLTG Payoselincah dengan kapasitas 100 MW di Jambi dan PLTG Talang Duku 60 MW di Musi Banyuasin. Dengan demikian, total kapasitas dari 3 PLTG yang dikembangkan dengan skema sewa beli tadi,  mencapai 220 MW.

Pengoperasian PLTG yang berbahan bakar gas, selain dimaksudkan untuk lebih memperkuat sistem kelistrikan di wilayah Sumbagsel, juga diharapkan mampu menambah kemampuan pasokan daya secara lebih efisien dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak. Diperkirakan dengan beroperasinya PLTG, maka PLN dapat mengurangi penggunaan BBM sebesar 117,73 juta liter per tahun atau setara dengan nilai penghematan sebesar  Rp 918 milyar / tahun.

Selain akan bertambah sebesar 220 MW yang berasal dari proyek sewa beli PLTG tadi, kemampuan pasokan daya di wilayah Sumbagsel juga bakal semakin membaik dengan bertambahnya pasokan daya sebanyak 114 MW yang berasal dari relokasi PLTG sebesar 14 MW dan PLTU Sebalang 1 sebesar 100 MW. Dengan demikian, diperkirakan sampai awal tahun 2012 nanti di wilayah Sumbagsel akan ada tambahan daya sebesar sebesar 334 MW sehingga akan lebih siap untuk mengantipasi pertumbuhan kebutuhan tenaga listrik.

 

 

Kontak

______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Telp. 021 7261122
Fac. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id