Pemerintah Serahkan Saham PT Pelayaran Bahtera Adhiguna ke PLN

(Jakarta, 5/8) Pemerintah secara resmi menyerahkan saham PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (PBA) ke PLN. Sebanyak dua puluh satu ribu enam ratus tujuh puluh empat (21.674) lembar saham PT PBA kini resmi menjadi milik PLN. Seluruh saham tersebut berdasarkan nilai wajar sebesar sembilan puluh miliar dua ratus dua puluh lima juta delapan ratus enam puluh satu ribu rupiah (Rp. 90.225.861.000,00). Menteri Negera BUMN Mustafa Abubakar selaku wakil pemegang saham PT PBA, secara langsung mengalihkan kepemilikan saham negara pada PT PBA kepada Direktur Utama PLN Dahlan Iskan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (5/8).

PBA adalah BUMN yg bergerak di bidang pelayaran yg sebelumnya sahamnya 100% dimiliki pemerintah. Pengalihan saham ke PLN ini bertujuan untuk sinergi BUMN dalam mendukung bisnis PLN dan menyelamatkan kondisis PBA yg dalam lima tahun terakhir dalam kondisi tidak sehat. Pengalihan ini juga sangat menguntungkan PLN untuk menjaga keamanan pasokan batubara ke pembangkit PLN.

Pengalihan kepemilikan saham ini dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2011 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia Ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Dengan pengalihan saham tersebut maka saham pemerintah di PLN akan bertambah senilai saham PBA yang diserahkan ke PLN.

Setelah pengalihan saham ini maka PBA akan diproses lebih lanjut menjadi anak perusahaan PLN. PLN berperan sebagai holding company sekaligus pemegang saham PBA. PLN akan mengembangkan bisnis PBA menjadi perusahaan yg sehat sekaligus mendukung keamanan pasokan batubara ke pembangkit listrik PLN. Kebutuhan batubara PLN meningkat hingga menjadi 65 juta ton per tahun seiring mulai beroperasinya proyek-proyek pembangkit 10.000 Mega Watt (MW) tahap 1 pada tahun 2011 ini. Dengan memiliki anak perusahaan pelayanan maka PLN dapat meningkatkan  efisiensi biaya transportasi laut batubara.

 

 

Kontak

______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Telp. 021 7261122
Fac. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id