P2APST: Bayar Dimana Saja dan Kapan Saja

Mataram (1/2), GM PT PLN Persero Wilayah NTB, Satri Falanu hari ini meresmikan Go Live P2APST. P2APST merupakan Sistem Pengelolaan dan Pengawasan Arus Pendapatan Secara Terpusat. Karena seluruh data pelanggan dan tagihan rekening listrik menjadi terpusat di PLN Pusat, maka dengan sistem ini memungkinkan seluruh pelanggan  PLN di seluruh Indonesia dapat melakukan pembayaran rekening listrik dimanapun dan kapanpun transaksi dilakukan.Rencananya data billing pelanggan PLN (Persero) semuanya akan terpusat dan diharapkan bulan Agustus mendatang semua rencana terealisasi” ungkap GM PLN NTB dalam sambutannya siang itu.

Saat ini sudah ada 10 unit PLN di seluruh Indonesia yang telah menerapkan sistem ini antara lain 5 di Jawa – Bali, 1 di Indonesia Barat, dan sisanya di Indonesia Timur.Target dari PLN Pusat setelah sistem P2APST go live seluruh Indonesia akan dilanjutkan dengan implementasi Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T),yang memungkinkan penerimaan uang selain dari rekening listrik masuk dalam sistem P2APST dan sistem aplikasi pelayanan pelanggan menjadi seragam di seluruh Indonesia.

Dengan sistem P2APST dan AP2T ini maka arus dana dari pelanggan dan calon pelanggan langsung mengalir ke rekening PLN kantor Pusat, sehingga unit-unit pelaksana lebih fokus kepada pelayanan pelanggan dan tidak direpotkan lagi oleh masalah pengelolaan penerimaan uang.

PLN NTB dan PLN Kalselteng menjadi unit PLN pertama di Indonesia Timur yang menerapkan sistem P2APST di tahun 2011. PLN NTB sendiri patut berbangga dengan berhasilnya go live sistem P2APST ini, karena aplikasi yang digunakan dibuat dari hasil kreasi pegawai PLN NTB secara mandiri. Bagi PLN NTB Go Live Sistem P2APST ini merupakan awal dari tahapan pekerjaan-pekerjaan besar berikutnya yang harus diselesaikan dalam tahun 2011 yakni target 100% PPOB tiga bulan setelah go live,  migrasi 24.000 pelanggan  KLP ke PLN dengan menggunakan listrik prabayar yang harus tuntas akhir februari ini, penyelesaian daftar tunggu sebanyak 165.000 calon pelanggan dan juga tugas untuk meningkatkan rasio elektrifikasi sebesar 60% yang harus selesai dalam semester  I 2011.

Acara yang bertempat di Ruang Senggigi Hotel Jayakarta Lombok dihadiri GM NTB, GM Kalselteng Musyafik Suprianto; Kadiv Distribusi & PPIndonesia Timur Syarifuddin Ibrahim, Kadiv Sistem Informasi Manajemen Ruli Fasri, dan Kadiv Perbendaharaan, Ibu Tjutju Kurnia sebagai pembicara.Selain itu kurang lebih 80 peserta yang terdiri dari rekan switching, Bank-bank terkait, seperti Bank Bukopin, BNI, BRI, Mandiri, BPD Kalsel, BPD DKI, BPD NTB, tidak ketinggalan PT. Pos Indonesia dan juga pihak PLN Pusat, PLN Wilayah NTB, dan PLN Kalselteng ikut menyukseskan Go Live P2APST.

 

Kontak :

______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp : 021 7261122
Fax : 021 7227059
Email : bambang.dwiyanto@pln.co.id