Berhasil Sulap Obyek Wisata Curup Buluh, PLN Raih Serelo CSR Award dari Pemkab Lahat

Konten PLN Mobile No.182.PLN-MOBILE/STH.00.01/XII/2022

Lahat, 4 Desember 2022- Pengembangan potensi wisata desa menjadi salah satu upaya memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia. Hal ini disadari sungguh oleh Kelompok Sadar Wisata Kalpataru Cahaya Harapan (Pokdarwis KCH) ketika merintis Obyek Wisata Curup atau air terjun Buluh di Sumatera Selatan.

Ahmad Yamual, Ketua Kelompok Pokdarwis KCH mengisahkan tantangan mereka ketika mengajak masyarakat Desa Lubuk Selo di Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat. Keterbatasan modal salah satunya membuat upaya memoles keindahan alami Curup Buluh yang memiliki 7 tingkatan berjalan amat lamban.

Tak habis akal, proposal pengembangan pun dilakukan namun tak mendapat banyak tanggapan. Bersyukur PT PLN (Persero) melihat potensi wisata desa tersebut dan mulai mengalirkan bantuan.

“Kondisi saat pertama sebelum progress pekerjaan bantuan PLN sangat memprihatinkan. Akses jalan berlumpur. Akses tangga masih membahayakan pengunjung. Kami mengajukan proposal kemana-mana belum ada yang merespon. Alhamdulillah, proposal kami akhirnya dikabulkan PLN Peduli,” kisah Yaumal.

Yaumal yang secara intensif berkomunikasi pun berhasil membawa program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PLN UID S2JB ke desanya.

Yaumal berkisah, pada awalnya Curup Buluh dirilis pada tahun 2013 dan dikelola dengan swadaya masyarakat desa tanpa ada bantuan dari pihak lain. Mereka kemudian menamainya Curup Buluh karena di sekitar curup terdapat banyak pohon bambu atau disebut buluh dalam bahasa lokal.

Melihat adanya potensi pengembangan objek wisata ini, PLN pun terjun langsung bersama Pokdarwis KCH menata kawasan alami tersebut. Kondisi curup yang awalnya tak terawat pun mulai dibenahi secara bertahap.

Aksi PLN Peduli Curup Buluh dimulai dengan dukungan sarana dan prasarana. Pembangunan gapura, akses tangga masuk, toilet umum, gazebo, mushola, taman, dan kotak sampah pun disiapkan.

Selain itu pengembangan kapasitas insan wisata di desa pun mendapat perhatian PLN. Pokdarwis KCH pun diberikan pelatihan dan program upskilling, serta sertifikasi pengelolaan objek wisata. Semua ini digelar agar warga dapat mengelola Air Terjun Curup Buluh dengan baik sehingga meningkatkan nilai perekonomian masyarakat sekitar.

“Hasilnya pun mulai terlihat. Tampilan kawasan wisata desa mulai memikat pengunjung yang kian hari semakin ramai,” ujarnya.

Sukses program PLN Peduli ini pun kemudian memperoleh anugerah Silver dalam ajang Serelo CSR Award 2022 yang diselenggarakan oleh  Pemerintah Kabupaten Lahat.

Serelo CSR Award sendiri merupakan bentuk apresiasi tertinggi Pemerintah Kabupaten Lahat untuk perusahaan yang telah berhasil menumbuhkembangkan perekonomian rakyat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau TJSL.

“Apresiasi ini dianugerahkan untuk program-program perusahaan yang direncanakan, dilaksanakan, dipantau, serta dievaluasi dengan cermat sehingga berhasil menumbuhkembangkan perekonomian rakyat,” ujar Wakil Bupati Lahat, Haryanto.

Haryanto pun berharap agar program TJSL yang telah berjalan ini dapat berkembang lebih jauh untuk pembangunan daerah dan peningkatan perekonomian masyarakat.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB), Amris Adnan, menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diterima. Menurutnya prestasi ini akan menjadi pemacu semangat tim PLN untuk meningkatkan kinerja TJSL ke depannya.

“Ke depan, kami akan terus meningkatkan kinerja TJSL untuk menghadirkan manfaat bagi masyarakat serta sebagai investasi sosial yang membawa dampak positif bagi perusahaan sesuai prinsip Environment, Social, Governance yang dikembangkan PLN,” pungkas Amris.

Narahubung
Grahita Muhammad
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.