Terapkan Prinsip ESG, Wisata Tebing Desa Apparalang Binaan PLN Jadi Destinasi Internasional

Konten PLN Mobile No. 144.PLN-MOBILE/STH.00.01/X/2022

Makassar, 26 Oktober 2022 – Melalui bantuan TJSL dari PT PLN (Persero), kawasan desa wisata Tebing Desa Apparalang, Bulukumba, Sulawesi Selatan kini mampu meningkatkan kualitas sehingga mampu menuju destinasi wisata bertaraf internasional.

Dalam penerapannya, Program TJSL yang dilakukan PLN sejalan dengan prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).  Berbagai aktivitas TJSL dilakukan terintegrasi dengan strategi bisnis dan pemberdayaan masyarakat yang bermanfaat serta menggunakan pendekatan mitigasi risiko dan aspek keberlanjutan.

Bupati Kabupaten Bulukumba, H. Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi langkah yang dilakukan PLN. Kehadiran PLN memberikan pemberdayaan berkesinambungan antara PLN dan pemerintah Kabupaten Bulukumba. Apalagi wisata Apparalang ini memiliki potensi yang bisa dikembangkan.

“Program ini bukan sekedar charity melainkan program pemberdayaan berkesinambungan antara PLN dan pemerintah Kabupaten Bulukumba. Saya berharap dengan sumbangsih dari PLN, Wisata Apparalang ini semakin berkembang sebagai tempat wisata bertaraf internasional,” tutur Andi.

Kepala Desa Ara, Dr. Amiruddin Rasyid M.Pd. mencatat, berkat kerjasama dan bantuan yang diberikan oleh PLN Peduli, kini ada spot foto kapal phinisi, musholla, Stasiun Pengisian Listrik Umun (SPLU), pembangunan pintu gerbang masuk dan di tahun 2022 akan ada bantuan kolam renang untuk penambahan sarana wisata.

“Walaupun sempat terjadi pandemi covid 19 yang juga berpengaruh kepada industri wisata, program Desa Wisata Tebing Apparalang ini memberikan dampak manfaat peningkatan pendapatan finansial bagi yayasan, pengelola, UMKM dan masyarakat di sekitar lokasi objek wisata terutama untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari,” kata Amiruddin.

Amiruddin merinci, dari hasil pelaksanaan program tersebut telah berhasil meningkatkan pendapatan Yayasan dan Pengelola hingga mencapai pendapatan omset sebesar Rp 32 jutaan dengan rata-rata pengunjung wisatawan kisaran 1.577 orang per bulan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menegaskan dengan kehadiran PLN Peduli di berbagai sektor yaitu pengembangan ekonomi, UMKM, kawasan desa wisata, pendidikan dan konservasi lingkungan diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk menghasilkan Creating Share Value (CSV) yang berlandaskan Sustainable Developments Goals (SDGs) dalam peningkatan perekonomian yang dikolaborasikan dengan dukungan berbagai pihak untuk bersama menumbuhkan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.