PLN Pasok Tambahan Listrik ke Perusahaan Pengelolaan Limbah di Pekanbaru

Konten PLN Mobile No. 142.PLN-MOBILE/STH.00.01/X/2022

Pekanbaru, 22 Oktober 2022 – PT PLN (Persero) memasok tambahan listrik sebesar 415 ribu Volt Ampere (VA) untuk PT Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) & PT Panca Jasa Lingkungan (PJL) KSO yang mengelola air limbah di kawasan Pekanbaru.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR), Agung Murdifi menyampaikan penambahan daya tersebut merupakan komitmen perseroan untuk memenuhi kebutuhan listrik semua pelanggan dan membantu pemerintah dalam menghadirkan pengolahan limbah yang berwawasan lingkungan di Pekanbaru.

“Kami siap memasok kebutuhan daya listrik untuk pengolahan limbah ini yang rencananya akan energize pada bulan Februari 2023,’’ ujar Agung.

Agung menjelaskan dengan pasokan listrik dari sistem interkoneksi Sumatera, Riau memiliki daya mampu 1.153 Megawatt (MW) dan beban puncak sekitar 961 MW. Hal ini menandakan bahwa Riau memiliki daya surplus sebesar 192 MW.

“Dengan tersedianya listrik ini tentu membuat investor tertarik untuk membangun bisnisnya di Riau. Investor bisa fokus mengurus bisnisnya, biar PLN yang urus listriknya,” ucap Agung.

Dirinya menambahkan dengan tumbuhnya investasi di Riau akan menggerakan roda ekonomi masyarakat.

Manager Project PT PP PJL KSO, Wahyudinur Hidayat menjelaskan proses pengolahan air limbah ini membutuhkan daya listrik yang besar.

“Kami berterima kasih atas pelayanan PLN, dengan kebutuhan daya listrik yang lebih untuk menghidupkan instalasi pengolahan air limbah sehingga air limbah dapat diolah dan air yang lulus baku mutu ini dapat kita aliri ke sungai siak,” ujar Wahyudinur.

Wahyudinur menambahkan dengan penambahan daya listrik dapat mendukung operasional peralatan pengolahan air limbah Kota Pekanbaru yang akan selesai pada bulan akhir Februari 2023.