Rumah Konservasi Penyu Jadi Cara PLN Jaga Kelestarian Satwa Dilindungi

Konten PLN Mobile No. 094.PLN-MOBILE/STH.00.01/VII/2022

PLN Terus berperan aktif dalam upaya menjaga Kelestarian penyu sebagai satwa dilindungi di perairan Sulawesi.  Lebih dari 1.700 tukik (anak penyu) telah berhasil menetas dan dilepas ke lautan.

Pinrang, 22 Juli 2022 – PT PLN (Persero) ikut berkontribusi menyelamatkan serta menjaga kelestarian populasi Penyu Sisik dan Penyu Lekang di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL),  PLN meresmikan Rumah Konservasi Penyu “Sahabat Penyu Lowita” di Desa Wiringtasi, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Penggagas Rumah Konservasi Penyu “Sahabat Penyu Lowita”, Rahmat HM mengatakan rumah ini digagas untuk menyelamatkan populasi penyu sisik dan penyu lekang yang statusnya saat ini Apendik 1 oleh lembaga masyarakat Lima Pemuda Pesisir pada 2020.

Rahmat menjelaskan, peran Penyu sangat penting bagi ekosistem laut, khususnya terumbu karang. Terumbu karang ini akan memberikan efek domino yang cukup besar bagi ekosistem ikan di sekitarnya. Jika populasi ikan meningkat, maka yang diuntungkan adalah nelayan, tangkapan ikan mereka juga akan meningkat.

“TJSL dari PLN ini mewujudkan harapan kami untuk membuka rumah konservasi yang didalamnya terdapat aktivitas edukasi dan penelitian terhadap keberadaan penyu, sehingga dapat meningkatkan kepedulian warga sekitar serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan tambahnya,” katanya.

Perwakilan Dinas Perikanan Kabupaten Pinrang, Hasrum menyambut positif langkah PLN yang turut andil dalam program konservasi ini. Menurutnya, penyu yang masuk ke dalam status apendik 1, merupakan satwa yang dilindungi dan tidak dapat diperdagangkan secara komersil.

Sejauh ini, Konservasi Sahabat Penyu Lowita  telah menyelamatkan setidaknya 150 sarang penyu dan berhasil melepas 1,700 ekor tukik (anak penyu) ke habitat alami mereka.

Manager PLN UPT Makassar, Muhammad Taufik A menjelaskan bahwa PLN Akan senantiasa mendukung program pelestarian satwa di perairan Desa Wiringtasi.

“Kami merasa ikut bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian satwa ini. Hal ini sejalan dengan tujuan global yakni pengembangan berkelanjutan ( Sustainable Development Goals),” ujarnya.

Taufik berharap, program ini menjadi sinergi berkelanjutan PLN dalam kontribusinya terhadap pelestarian lingkungan.” tutupnya.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.