Tingkatkan Ekonomi Warga Sungai Bilu Banjarmasin, PLN Bangun Dermaga Kampung Hijau

Konten PLN Mobile No. 080.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2002

Banjarmasin, 30 Juni 2022 – PT PLN (Persero) mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di Sungai Bilu, Banjarmasin dengan membantu membangun dermaga di Kampung Hijau. Tak hanya membangun dermaga saja, PLN juga membantu UMKM di sana agar produknya mendapatkan sertifikat halal.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, Sigit Fanani menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN untuk meningkatkan geliat ekonomi masyarakat.

Dermaga Kampung Hijau Sungai Bilu akan dibangun seluas 40 meter persegi. Kampung Hijau menjadi salah satu destinasi titik singgah untuk wisata susur sungai setiap akhir pekan. Berbagai jenis kuliner khas ditawarkan di kawasan wisata ini.

“Hal ini merupakan upaya kami untuk berperan dan hadir dalam mensukseskan Program Kampung Iklim yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia,” ungkap Sigit.

Sigit menambahkan, melalui TJSL PLN turut berpartisipasi dalam penguatan UMK (Usaha Mikro Kecil) melalui pendampingan berupa pemberian peralatan produksi, Sertifikasi Halal UMK, dan manajemen pemasaran Kerupuk Udang Sungai Bilu, karena kerupuk Udang merupakan produk unggulan dan memiliki potensi pasar yang besar.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengapresiasi langkah PLN turut serta dalam groundbreaking dermaga Kampung Hijau. Ia menyebutkan program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) PLN dalam pengembangan wisata Kampung Hijau tepat sasaran dan bermanfaat.

“Dengan akan dibangun Dermaga Kampung Hijau akan mempercepat pemulihan ekonomi dan terasa manfaatnya. Semoga pembangunan berjalan lancar, dan dapat dimanfaatkan bagi warga dan pengunjung yg hadir,” tutur Ibnu Sina.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Kampung Hijau (pokdarwis), Zulkifli mengatakan kampung hijau merupakan salah satu destinasi wisata perkotaan di Banjarmasin, namun lumpuh sejak Maret 2020 lalu diterpa deraan pandemi Covid-19.

“Kampung Hijau ini dulunya adalah salah satu 10 destinasi wisata andalan kota Banjarmasin, namun setelah covid-19 kawasan wisata ini ditutup. Dan kami siap bangkit kembali dengan dukungan PLN,” tutup Zulkifli.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.