PLN Peduli dan Rumah BUMN Gelar Pelatihan Perizinan UMKM

Konten PLN Mobile No. 055.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Kelengkapan administrasi perizinan dalam berusaha menjadi salah satu faktor penting, karena berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan masyarakat atas produk yang dihasilkan UMKM.

Bandar Lampung, 28 Juni 2022 – PLN Peduli bersama Rumah BUMN Bandar Lampung menggelar pelatihan perizinan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Pemenuhan Komitmen Pangan Olahan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) kepada 35 pelaku UMKM yang tergabung sebagai mitra Rumah BUMN Bandar Lampung, Jumat (24/6).

General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra mengatakan bahwa PLN ingin mendukung UMKM binaan yang tergabung di Rumah BUMN agar taat perizinan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Menurutnya, kelengkapan administrasi perizinan dalam berusaha menjadi salah satu faktor penting, karena berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan masyarakat atas produk yang dihasilkan UMKM.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi peserta karena dengan mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan yang notabene pelaku UMKM dapat langsung memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) secara gratis,” katanya.

Perencana Ahli Pertama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Bandar Lampung, Benny Nugraha mengatakan NIB merupakan izin dasar yang diberlakukan sesuai PP No. 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

“Selain itu, Pemerintah juga telah menerbitkan PP No. 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berbasis Resiko yang saat ini menjadi dasar pemberlakuan NIB kepada pelaku usaha untuk selanjutnya dapat melakukan pengurusan izin atau sertifikat lainnya sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha tersebut,” jelasnya.

Benny menjelaskan, bahwa Pengurusan NIB dilakukan melalui situs OSS (Online Single Submission) sesuai kebijakan penyederhaan birokrasi di bidang perizinan yang menggantikan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Selain sosialisasi pendaftaran NIB, pelatihan itu juga menggelar sosialisasi penerbitan SPP-IRT untuk pelaku usaha yang bergerak di sektor obat dan makanan.

PLT Sub Koordinator Kefarmasian Dinas Kesehatan Bandar Lampung, Hijrah, mengatakan perizinan sebagai pengawas keamanan dan mutu dari produk pelaku usaha.

“Pentingnya pengajuan SPP-IRT untuk memenuhi persyaratan sebelum pelaku usaha mengedarkan produk pangan ke masyarakat,” tuturnya.

Terkait pengajuan SPP-IRT, menurutnya, pengajuan prizinannya dapat dilakukan juga melalui situs OSS setelah pelaku usaha memiliki NIB dan mengikuti Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang diadakan oleh Dinas Kesehatan.

Sementara, Mirna Rachmawaty pelaku usaha Manisan Pepaya Borju sebagai salah satu peserta pelatihan mengaku pihaknya sangat terbantu dengan program pelatihan yang dilaksanakan oleh Rumah BUMN Bandar Lampung.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat, karena usaha saya dapat langsung diterbitkan NIB-nya hari ini secara gratis,” tukas Mirna yang telah bergabung di Rumah BUMN sejak tahun 2021.

Hal senada disampaikan Mahmud, selaku pemilik Bakso Al-Mahmud. Dia mengungkapkan perasaan senangnya dengan pelatihan yang digelar oleh PLN Peduli bersama Rumah BUMN tersebut.

“Salah satu produk saya yaitu Bakso Goreng juga membutuhkan SPP-IRT untuk izin edar. Semoga Rumah BUMN Bandar Lampung ini dapat terus menjadi wadah bagi UMKM untuk mendapatkan berbagai ilmu yang dapat mendukung keberlangsungan usaha kami,” pungkasnya.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.