PLN Manfaatkan FABA Sebagai Bahan Baku Produk Konstruksi di Sumatera

Konten PLN Mobile No. 064.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

PLN terus berupaya membantu meningkatkan taraf hidup warga sekitar pembangkit dengan menggulirkan program TJSL pengelolaan FABA

Sawahlunto, 29 Juni 2022 – PT PLN (Persero) melalui PLN Peduli terus mendorong pemanfaatan abu sisa pembakaran batu bara atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) sebagai bahan baku produk konstruksi di wilayah Sumatera.

Di Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat PLN Peduli menyerahkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan penggunaan fly ash sebesar 205 ton untuk pembuatan kanstin jalan protokol berkolaborasi dengan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (PKP2LH).

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PLN UPK Ombilin melalui TJSL berupa pemanfaatan FABA untuk pemasangan Kanstin di jalan menuju obyek wisata tersebut.

Deri mengatakan bantuan yang diberikan PLN UPK Ombilin mempunyai nilai lebih karena bekerja sama dengan BUMDes di Desa Salak untuk pemanfaatan FABA di PLTU Ombilin.

Deri juga mengapresiasi kepedulian PLTU Ombilin berkontribusi untuk pembangunan di Kota Sawahlunto. “Saya sangat mengapresiasi sekali program TJSL PLTU Ombilin ini karena mempunyai nilai tambah lebih yaitu pemanfaatan FABA dan bekerjasama dengan BUMDes. Harapan saya pemanfaatan FABA ini dapat menjadi pilot project untuk pembangunan fisik di Kota Sawahlunto,” ujar Deri Asta.

General Manager PLN UIK Sumatera Bagian Selatan, Djoko Mulyono mengatakan kanstin jalan dengan bahan utama FABA ini sudah diuji di laboratorium, sehingga kuat untuk dilewati oleh kendaraan truk bermuatan besar.

“Melalui pemanfaatan FABA, PLN terus berupaya membantu meningkatkan taraf hidup warga sekitar pembangkit dengan menggulirkan program TJSL pengelolaan FABA untuk pembangunan Kanstin jalan,” ujar Djoko.

Adapun, pemasangan kanstrin dilakukan di Jalan Ir. H Amran Nur di depan Kantor Pengadilan Negeri Sawahlunto. Kegiatan peletakan batu pertama ini dilakukan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, Kepala Dinas PKP2LH, Adrius Putra, serta Ketua TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama.

Paving block dan batako dari FABA di Sumatera Utara

Di lokasi terpisah, PLN UPK Labuhan Angin menyerahkan bantuan TJSL program pemanfaatan FABA untuk pembuatan paving block dan batako kepada Kelompok Clasik di Kelurahan Tapian Nauli II, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

“Bantuan ini merupakan komitmen PLN untuk memberikan manfaat nyata di tengah-tengah masyarakat,” ujar Purnomo, General Manager PLN UIK Sumatera Bagian Utara.

Purnomo berharap bantuan TJSL yang telah diberikan kepada Kelompok Clasik itu dapat berjalan dan dipergunakan serta dijaga dengan baik.

“Kita berharap, apa yang sudah kita berikan ini benar-benar dimanfaatkan. Dan terima kasih juga kepada Pak Camat Tapian Nauli, di mana pada setiap kita menyerahkan bantuan TJSL kepada warga, Pak Camat selalu mengingatkan warga penerima bantuan agar menjaga apa yang telah kita berikan,” tuturnya.

Senada, Direktur Utama PT Indonesia Power Ahsin Sidqi, juga berharap setelah Kelompok Clasik menerima bantuan TJSL dapat dijalankan sebagaimana yang telah direncanakan sebelumnya saat pengusulan bantuan tersebut.

“Semoga pembuatan paving block dan batakonya lancar ke depannya,” ucap Ahsin memberi semangat kepada para anggota Kelompok Clasik.

Di tempat Terpisah, Ketua Kelompok Clasik Hasiholan Siregar juga menyampaikan terima kasih kepada PLN UPK Labuhan Angin yang telah memberikan bantuan kepada kelompoknya.

“Bantuan berupa mesin molen, peralatan seperti cangkul sekop dan lainnya ini sangat bermanfaat bagi kami,” tuturnya.

Program ini dapat meningkatkan roda perekonomian dan pemahaman kepada masyarakat bahwa FABA dapat dimanfaatkan menjadi produk konstruksi dan menjadi nilai ekonomi bagi pembangunan.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.