PLN Kembali Dukung Rehabilitasi Terumbu Karang di Raja Ampat dan Jayapura

Konten PLN Mobile No. 069.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Bantuan PLN disampaikan melalui Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Laut (PKSPL)-IPB University dan Pusat Studi Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PS2KP) Universitas Cenderawasih

Jayapura, 30 Juni 2022- Dalam rangka mendukung upaya pelestarian biota laut di tanah Papua, PT PLN (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN Peduli kembali hadir memberikan bantuan konservasi terumbu karang di sekitar pesisir Kampung Yensawai, Raja Ampat dan Perairan Pantai Harlem, Jayapura.

Memiliki fokus dan program yang sama dalam memperbaiki ekosistem terumbu karang yang rusak, PLN bekerja sama dengan Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Laut (PKSPL)-IPB University di wilayah Kampung Yensawai. Sedangkan di perairan Pantai Harlem, kerja sama dilakukan bersama Pusat Studi Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PS2KP) Universitas Cenderawasih.

Menggunakan metode transplantasi, kegiatan rehabilitasi karang dilakukan secara bertahap dengan pemantauan pertumbuhan yang dapat dilakukan setelah tiga bulan proses tersebut dilakukan.

Ketua Tim Pelaksana Rehabilitasi Ekosistem Pesisir PKSPL-IPB University, Fery Kurniawan, menjelaskan bahwa berjalannya program rehabilitasi ekosistem di pesisir Kampung Yensawai ini secara baik tak lepas dari aktivitas penanaman dan pemantauan yang dilakukan secara mandiri oleh kelompok masyarakat. Tak hanya itu, program ini juga memberikan banyak dampak positif, salah satunya dari aspek sustainable finance.

“Walaupun berjalan baik, tentunya kegiatan ini berjalan tak lepas dari berbagai tantangan, mulai dari mempertahankan terumbu karang, sistem pemantauan pendampingan kelompok jarak jauh, hingga penyelesaian dinamika kelompok,” ujar Fery.

Fery menambahkan semua tantangan dapat dilalui oleh timnya bersama masyarakat setempat berkat kerja sama dan dukungan berbagai pihak serta harapannya untuk keberlanjutan program ini. “Kami harap ke depannya bantuan ini tidak hanya pada perbaikan ekosistem saja tapi dapat dilanjut dengan program peningkatan kapasitas masyarakat,” ungkap Fery.

Hingga kini, proses transplantasi terumbu karang sendiri telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan di kedua lokasi tersebut. Berdasarkan hasil monitoring, pertumbuhan karang pada Kampung Yensawai memiliki survival rate 99% dengan total 317 fragmen karang yang berhasil. Sementara survival rate transplantasi karang di Pantai Harlem mencapai angka 92% dengan total 50 fragmen karang bertumbuh baik.

Disisi lain, Ketua Pusat Studi Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PS2KP) Universitas Cenderawasih, Yunus Paulangan, dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas bantuan yang disalurkan oleh PLN Peduli. Pihaknya mengaku puas dengan hasil yang baik dari kegiatan tahap pertama, terlebih kegiatan pelestarian dapat berlanjut hingga tahap kedua.

“Kami berharap cakupan daerah yang mengalami konservasi dapat semakin meluas, apalagi Pantai Harlem merupakan spot wisata diving. Hal ini juga dapat semakin menarik wisatawan ke lokasi transplantasi. Tidak hanya itu, program ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat luas agar lebih peduli tentang pentingnya menjaga ekosistem terumbu karang,” ujar Yunus.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Andy Adchaminoerdin, menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu bentuk komitmen PLN dalam membantu kelestarian alam. Ia menambahkan dengan adanya keseimbangan di ekosistem laut diharapkan dapat memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat.

”Di kedua lokasi, mayoritas penghasilan warga sekitar berasal dari menangkap ikan. Aktivitas tersebut tentunya harus didukung dengan habitat laut yang sehat. Bersama PKSPL IPB University, PS2KP Uncen serta masyarakat, PLN berupaya untuk melestarikan terumbu karang di lokasi tersebut agar dapat memberi dampak berkelanjutan, baik untuk biota laut maupun kehidupan masyarakat sehari-hari,” terang Andy.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore