PLN Dukung Industri Kreatif Difabel di Bandung

Konten PLN Mobile No. 078.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Bandung, 30 Juni 2022 – PT PLN (Persero) mendorong peningkatan ekonomi kelompok difabel di Bandung dengan pendampingan industri kreatif besutan difabel Bandung.

PLN memberikan pendampingan dan dukungan salah satunya kepada CIDCO – Creative Bussiness of Diffable Community, sebuah wadah bisnis bagi para penyandang difabel yang bergerak pada bisnis kreatif.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono mengatakan, dukungan PLN melalui program ini menjadi salah satu wujud nyata peran PLN untuk mendukung pemberdayaan sekaligus pengembangan kapabilitas dari kelompok rentan, salah satunya penyandang difabel. Hal ini selaras dengan pelaksanaan Core Subject ISO 26000 tentang persamaan Hak Asasi Manusia.

“Program PLN Peduli dalam wujud pengembangan bisnis CIDCO menjadi semangat kami untuk turut mendukung teman-teman penyandang difabel agar tetap berdaya, dan mampu untuk menciptakan karya,” terang Tejo Wihardiyono.

Tejo menambahkan, dukungan PLN dalam pengembangan bisnis CIDCO meliputi dukungan pengembangan produksi bisnis kreatif CIDCO, hingga dukungan pemasaran.

Sementara itu, Puspatriani Agustina, Ketua CIDCO Bandung mengatakan, dengan beranggotakan para penyandang disabilitas alumni Art Therapy Center (ATC) Widyatama, CIDCO telah memproduksi sejumlah produk kreatif, sejak dibentuk pada Mei 2019 lalu. Adapun produk-produk tersebut meliputi Sajadah travel, Jaket gowes, mukena, tumblr, dan sebagainya, yang kesemuanya didesain oleh anggota CIDCO.

“Produk-produk kreatif itu didesain sendiri oleh anak-anak para penyandang disabilitas. Mereka semua mempunyai kemampuan kreatif yang tidak kalah dengan yang lain,” terang Puspatriani Agustina, atau yang kerap disapa Nenet.

Nenet menambahkan, CIDCO sendiri bergerak untuk memperjuangkan kemandirian finansial para penyandang difabel. Bersama para orangtua yang melakukan fungsi manajerial, CIDCO melakukan produksi dan memasarkan produk-produk kreatif hasil karya para penyandang difabel anggota CIDCO.

“Kami berharap, dukungan PLN ini dapat menambah semangat mereka untuk berkarya melalui komunitas ini, sehingga mereka tetap produktif dan berkontribusi secara nyata di industri kreatif,” pungkas Nenet.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.