PLN Berhasil Energize Gardu Induk Batulicin, Kalsel dengan TKDN 79,03 Persen

Konten PLN Mobile No. 040.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Pembangunan infrastruktur kelistrikan ini mempunyai tujuan untuk memperkuat keandalan sistem dalam suplai listrik di Kalimantan Selatan

Tanah Bumbu, 23 Juni 2022 – PT PLN (Persero) berhasil memberikan tegangan atau energize pada Extention 2 Line Bay Gardu Induk (GI) 150 Kilo Volt (kV) Batulicin, pada Kamis (9/6).

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT), Josua Simanungkalit mengatakan keberhasilan energize Extension 2 Line Bay Gardu Induk (GI) 150 kV Batulicin menjadi bukti nyata PLN dalam menyediakan sistem kelistrikan yang andal untuk masyarakat Kalimantan Selatan.

Josua menjelaskan, proyek yang memiliki nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 79,03 persen ini dibangun oleh PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 4 (UPP KLT 4).

Dengan selesainya pembangunan GI 150 kV Batulicin, maka sistem looping jaringan di Kalimantan Selatan yang menyambung hingga Kalimantan Timur dapat segera terwujud. Hal tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi perkembangan pembangunan daerah dan meningkatkan iklim investasi di Kalimantan.

“Selanjutnya, kami akan menyelesaikan beberapa proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Kalimantan Selatan seperti SUTT 150 kV Batulicin – Tarjun, SUTT 150 kV Selaru – Sebuku, GI 150 kV Tarjun, GI 150 kV Selaru serta GI 150 kV Sebuku,” jelas Josua.

Untuk itu, pihaknya akan mengawal pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dan memastikan pelaksanaanya sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pembangunan infrastruktur kelistrikan ini bertujuan untuk memperkuat keandalan sistem dalam suplai listrik di Kalimantan Selatan, terlebih dengan adanya kebutuhan listrik pada Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (PT ITP) sebesar 55 Mega Volt Ampere (MVA).

Adapun untuk SUTT 150kV Batulicin – Tarjun yang membentang sepanjang 79,765 kilo meter sirkit (kms) saat ini progresnya mencapai 94,35 persen di mana memasuki tahap penyelesaian agar dapat segera beroperasi.

“Sebanyak 115 tower sudah hampir rampung dan tersambung, kami siap untuk mensuplai listrik kepada Konsumen Tegangan Tinggi PT ITP. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan PT ITP untuk kesiapan operasi SUTT 150kV Batulicin – Tarjun. Harapan kami dapat segera terealisasi,” tambah Josua.

Diharapkan, setelah pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan rampung, sistem kelistrikan yang andal akan segera tersedia. Dengan begitu, dapat memberikan peluang kepada seluruh investor dalam mengembangkan usahanya di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh seluruh stakeholder sehingga PLN dapat melaksanakan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dengan baik demi mewujudkan konsumsi listrik yang berkeadilan,” pungkas Josua.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.