Percepat Legalisasi Aset Negara, PLN dan BPN Kebut Sertifikasi 1.050 Persil Tanah di Riau

Konten PLN Mobile No. 054.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

PLN mempercepat sertifikasi tanah aset-aset ketenagalistrikan di seluruh wilayah Tanah Air, guna memenuhi tata tertib hukum dan memenuhi aspek legalitas.

Pekanbaru, 28 Juni 2022 – PT PLN (Persero) terus mengakselerasi sertifikasi aset negara. Setelah pada 2021 berhasil menerbitkan sebanyak 1.305 sertifikat, tahun ini PLN dan Kantor Wilayah Badan Pertahanan Nasional (Kanwil BPN) Provinsi Riau menargetkan sertifikasi 1.050 persil tanah pada tahun ini.

Untuk mempercepat sertifikasi aset negara, PLN bersama Kanwil BPN Riau menggelar rapat Konsinyering Penyelesaiaan Kegiatan Sertifikasi Aset Ketenagalistrikan.

“Sebanyak 1.050 persil objek vital aset negara yang dikelola PLN harus segera disertifikasi dalam tahun 2022 ini” ungkap General Manager PLN UIW RKR Agung Murdifi.

Target sertifikasi dari beberapa unit PLN di Provinsi Riau di antaranya Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumatera Bagian Tengah sebanyak 761 persil, UIP Sumatera Bagian Utara sebanyak 60 persil, Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera sebanyak 218 persil, UIWRKR sebanyak 4 persil dan Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIK SBU) sebanyak 7 persil.

Agung memberikan apresiasi atas sertifikasi yang dilakukan bersama BPN dan PLN. “Hasil sinergi dari perjanjian kerja sama sepanjang 2021 adalah telah terbit Sertifikat Hak Guna Bangunan sebanyak 1.305 Sertifikat pada wilayah kerja Kanwil BPN Provinsi Riau,” ucap Agung.

Kepala Kanwil BPN Provinsi Riau, M. Syahrir berharap dari pertemuan ini dapat menghasilkan solusi atas percepatan sertifikasi aset negara.

“Saat ini sebanyak 218 persil bidang tanah dari total 1.050 persil bidang tanah yang ditargetkan terbit serifikatnya sedang berproses di Kanwil BPN Riau. Terhadap persil tanah yang masih terdapat hambatan, kendala dan masalah (HKM), diharapkan pada kegiatan ini ditemukan solusinya agar pelaksanaan sertifikasi proyek strategis nasional ini cepat selesai,” ujar Syahrir.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.