Dukung Pengelolaan Sampah Kota, PLN Operasikan Gerobak Sampah Berbasis Motor Listrik

Konten PLN Mobile No. 057.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Depok, 29 Juni 2022 – Untuk bisa mendukung pengelolaan sampah kota yang menumpuk, PLN melakukan langkah aktif dengan memberikan bantuan gerobak sampah. Tak hanya sebagai alat pengelolaan sampah, gerobak ini juga memakai motor listrik sehingga bisa lebih hemat dan ramah lingkungan.

Upaya tersebut salah satunya dilakukan oleh PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) yang menyerahkan gerobak motor listrik kepada Dompet Sampah. Dompet Sampah merupakan salah satu mitra binaan PLN yang menerima sampah kering rumah tangga untuk didaur ulang.

“Kendaraan operasional gerobak motor listrik diharapkan mampu mendorong kendaraan listrik berbasis baterai sebagai solusi transportasi yang zero pollution, sehingga menarik minat masyarakat untuk beralih dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke listrik,” kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat Erwin Ansori.

Demi mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), PLN mencanangkan program yang berbasis pada Creating Shared Value (CSV) yakni dalam berbisnis juga memperhatikan masalah dan kebutuhan sosial dalam perencanaan strategi perusahaan.

Mahmudin, pengelola Dompet Sampah mengungkapkan kegembiraannya atas pemberian bantuan gerobak motor listrik tersebut, disampaikan bahwa bantuan ini sangat mendukung operasional kegiatan di Dompet Sampah.

“Dulu operasional kami hanya menggunakan sepeda motor untuk mengangkut sampah-sampah kering dari rumah tangga dan limbah minyak jelantah, kami merasakan kurang efisien selain daya angkut yang terbatas, dari segi waktu dan biaya juga lebih besar yang kami keluarkan,” tutur Mahmudin.

Mahmudin menambahkan dengan adanya bantuan gerobak motor listrik ini pihaknya sangat berterima kasih sekali kepada PLN.

“Ini sejalan dengan visi kami yang mendukung kelestarian lingkungan sekaligus mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” pungkas Mahmudin.