Dukung Kebutuhan Pengguna Kendaraan Listrik, PLN Tambah Operasional 4 SPKLU di Sumut

Konten PLN Mobile No. 058.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Medan, 29 Juni 2022 – PT PLN (Persero) terus mendorong masifnya kendaraan listrik dengan menyediakan infrastruktur pendukung terbentuknya ekosistem kendaraan listrik. Salah satunya dengan menambah 4 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Sumatera Utara.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara, Pandapotan Manurung mengatakan keempat SPKLU yang baru beroperasi tersebut terletak di City View Medan, Tebing Tinggi, Parapat dan Berastagi. Dengan beroperasi 4 SPKLU ini, maka total SPKLU yang telah beroperasi di Sumatera Utara menjadi 5 SPKLU.

“Kami mendapatkan amanah untuk membangun ekosistem kendaraan listrik, sehingga masyarakat Kota Medan yang ingin memiliki dan menggunakan kendaraan listrik untuk mengunjungi objek wisata seperti Parapat dan Berastagi tidak perlu khawatir mencari lokasi pengisian baterai kendaraannya,” ungkap Pandapotan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Karo mengapresiasi langkah cepat PLN dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Sumatera Utara. Harapannya semakin banyak pengguna kendaraan listrik dapat mewujudkan carbon neutral pada tahun 2060.

“Ini merupakan hari bersejarah buat Kabupaten Simalungun khususnya Parapat, dimana Parapat merupakan salah objek wisata perdana di Sumatera Utara yang memiliki SPKLU. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah Kabupaten Simalungun dalam mewujudkan tempat wisata yang terhindar dari kebisingan dan polusi udara,” terang Radiapoh Hasiolan Sinaga.

Pada kesempatan yang sama PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukit Barisan meresmikan terbentuknya komunitas kendaraan listrik yang dilaksanakan di Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Berastagi. Komunitas ini merupakan perkumpulan kendaraan ramah lingkungan pertama di Kabupaten Karo bahkan di wilayah Sumatera Utara.

“Seperti yang kita ketahui bahwa kendaraan semakin tinggi dan kebutuhan atas bahan bakar fosil juga semakin tinggi, melalui momentum ini kami pemerintah karo mengajak masyarakat semua untuk beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik. Karena kendaraan listrik ini juga bebas emisi dan ramah lingkungan,” jelas Ketua Komunitas Kendaraan Listrik, Cory Sriwaty Sebayang.

Manager PLN UP3 Bukit Barisan, Grahita Gumelar menjelaskan, komunitas ini di beri nama Electric Vehicle Think (EV Think), merupakan gabungan generasi milenial Kabupaten Karo yang peduli untuk mewujudkan objek wisata yang ramah lingkungan.

“Dengan terbentuknya komunitas EV Think di Kabupaten Karo, akan mendorong masyarakat khususnya di Kabupaten Karo dapat beralih menggunakan kendaraan listrik,” tutup Gumelar.