Ada Perahu Listrik Di Wisata Kampoeng Karst Rammang-ramang

Maros – Keindahan kawasan Wisata Kampoeng Karst Rammang-rammang Salenrang Maros sudah tidak diragukan lagi. Hanya saja ada satu kendala bagi Komunitas Jolloro (sebutan untuk pemilik dan pengguna perahu) yaitu sulitnya memberikan penjelasan kepada wisatawan saat berkeliling sungai salenrang akibat bisingnya suara mesin perahu yang masih menggunakan mesin BBM.

Menjawab keluhan tersebut, PLN (Persero) Area Makassar Utara yang bersinergi dengan PLN Sektor Pembangkitan Tello melakukan inovasi dengan menghadirkan Selfy Boat (Smart Electrify Boat).

Dalam rangka memantapkan inovasi tersebut, PLN area Makassar Utara dan PLN Sektor Pembangkitan Tello melakukan sosialisasi penggunaan mesin perahu listrik di kawasan Wisata Karst Rammang-rammang.

Sosialisasi dihadiri Manajer PLN Sektor Pembangkit Tello Fatahuddin Yogi Amibowo, Asmen Pelayanan dan Administrasi PLN Makassar Utara Hardi, Komunitas Jolloro, Ketua Kelompok Sadar Wisata Rammang-rammang Iwan, Muspida dan masyarakat setempat.

Menurut Hardi bahwa penggunaan Selfy Boat memberikan keuntungan dibandingkan menggunakan perahu motor berbahan bakar minyak.
Keunggulan dari perahu listrik yaitu :
1. Biaya operasional rendah karena mesin listrik dengan tenaga penggerak aki yaitu setengah harga dari perahu motor berbahan bakar minyak.
2. Bebas polusi karena tanpa gas buang.
3. Terhindar dari kebisingan suara mesin.
4. Perahu lebih tahan lama karena bebas getaran.

Adapun perbedaan antara mesin listrik dan mesin berbahan bakar minyak yaitu biaya sekali perjalanan dari dermaga ke tempat tujuan wisata Karst dengan mesin listrik hanya RP. 2.420,-. Sedangkan untuk mesin BBM sebesar RP. 10.000,- belum termasuk biaya pelumas dan biaya perawatan.
“Selfy Boat terbukti lebih ekonomis dan minim kebisingan akibat suara yang ditimbulkan oleh mesin perahu,” jelas Yogi.

Fatahuddin Yogi Amibowo menambahkan apabila masyarakat butuh penjelasan lebih lanjut, pihak PLN bersedia untuk memberi bimbingan dalam hal pemasangan serta perawatannya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Rammang-rammang Iwan, mengaku sangat berterima kasih karena satu permasalahan dapat terselesaikan dengan adanya mesin perahu listrik yang ekonomis dan bebas kebisingan. “Semoga dengan adanya Selfy Boat ini, kedepan dapat menunjang Kawasan Wisata Rammang- rammang sebagai kawasan wisata Best Community Tourism,” tandas Iwan.

Program tersebut selain untuk memberikan keuntungan finansial bagi pemilik perahu, juga sebagai upaya untuk mendukung kampanye Go Green dengan menjadikan tempat wisata Rammang-rammang sebagai Green River, serta mewujudkan 100 persen elektrifikasi perahu listrik di wilayah ramang rammang. Tidak perlu khawatir untuk pengisian aki/baterai, telah tersedia infrastruktur penunjang yaitu Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).