Launching PS4, PLN Wilayah Sumbar Terapkan Standar Baru

Padang, 17 Mei 2018 – PLN Wilayah Sumbar sukses menggelar kegiatan Launching Komitmen Pelayanan Teknik 2018 dengan Program Penampilan, Sikap, Sapa, Senyum, Salam (PS4) pada Selasa (15/05) di Gedung UPI Convention Hall, Padang.

Kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen PLN dalam menerapkan sistem pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.
Hadir dalam kegiatan itu General Manager PLN Wilayah Sumbar, Susiana Mutia, beserta seluruh jajaran Manajemen PLN Wilayah Sumbar, serta menjadi lebih spesial lagi dengan kehadiran Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Bersamaan dengan acara launching tersebut, PLN Wilayah Sumbar juga mengadakan kegiatan Apel Siaga Pengamanan Pasukan Listrik Ramadan dan Idul Fitri 1439 Hijriah guna menjamin pasokan listrik yang aman dan handal selama bulan Ramadhan sehingga tidak mengganggu kelancaran ibadah umat Islam.

Program PS4 merupakan salah satu terobosan PLN dalam upaya membentuk pelayanan yang ekselen di setiap lini, khususnya dalam bidang pelayanan teknik. Ada beberapa pilar utama yang dijunjung tinggi dalam program ini, diantaranya menciptakan produk dan pelayanan yang berkualitas tinggi, mewujudkan sistem pelayanan yang efisien dan prosedural yang berorientasi kepada pelanggan serta membentuk karakter sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan terlatih.

General Manager PLN Wilayah Sumbar, Susiana Mutia, mengungkapkan PS4 hadir dalam guna mewujudkan PLN menjadi perusahaan kelas dunia.

“Kami menerapkan standar yang tinggi, salah satunya melalui peningkatan kualitas SDM dan pelayanan pelanggan. PS4 khususnya diimplementasikan untuk semua petugas pelayanan teknik untuk menjadi pedoman mereka tentang bagaimana kepatuhan petugas terhadap standard operational procedure (SOP) berlaku, mulai dari penampilan (seragam yang dikenakan), kerapian penampilan fisik, keramahan, hingga etika berkomunikasi dengan pelanggan,” tutur Susiana Mutia.

Pada kesempatan tersebut Susiana Mutia juga menjamin keamanan pasokan listrik selama bulan Ramadhan.

“Selama bulan Ramadan, kita pastikan pasokan listrik telah aman dan handal karena kami sudah berkoordinasi mulai dari pasokan listrik, transmisi juga distribusi, jadi semuanya aman,” tambah Susiana Mutia lagi.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengungkapkan, PLN memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, mengingat listrik saat ini telah menjadi kebutuhan primer. Banyak hal akan terhenti jika ada gangguan yang mengakibatkan pemadaman listrik.

“Listrik adalah hal yang penting dalam kehidupan kita saat ini. Bila listrik bermasalah, tentu masyarakat akan mengeluh. Maka dengan adanya komitmen PLN untuk menjaga kestabilan sumber daya listrik untuk masyarakat serta komitmen pelayanan pelanggan yang lebih baik, tentunya akan berdampak baik juga pada PLN maupun pemerintah daerah. Ditambah lagi bila layanan semakin baik maka pelanggan akan merasa puas dan nyaman sehingga program PLN “Penampilan, Sikap, Sapa, Senyum, Salam (PS4)” menjadi sukses dan tercapai,” ujar Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno juga mengungkapkan bahwa ia mengapresiasi kinerja PLN karena PLN cepat tanggap dan siaga khususnya dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Tidak hanya mengenai bagaimana etika bertemu pelanggan, namun program PS4 juga mencakup pada pelayanan mulai dari menerima keluhan/gangguan pelanggan, proses mendiagnosa permasalahan, menyampaikan solusi dan menyelesaikan permasalahan tersebut. Adanya beberapa terobosan maupun program baru di PLN merupakan bukti keinginan PLN untuk lebih dekat dan melayani pelanggan dengan maksimal.