PLN Partisipasi dalam Parade Asian Games 2018

Minggu pagi di Car Free Day Jakarta diwarnai dengan kemeriahan peserta Parade Asian Games 2018 (13/5). Dalam menyambut perhelatan olahraga se-Asia yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, PLN juga ikut serta menjadi peserta Parade Asian Games 2018. Tidak hanya di Jakarta, PLN juga berpartisipasi dalam pelaksanaan parade yang dilaksanakan di Palembang. Adapun jumlah peserta parade di Jakarta mencapai 5.000 orang dan 2.018 orang di Palembang. Parade di Jakarta dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sedangan di Palembang dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

 

Dalam parade di Jakarta, PLN mengambil tema The PLN Heroes, yakni menampilkan sosok pegawai PLN dengan seragam dinasnya, seperti Petugas Pembangkit, Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), Petugas Pelayanan Teknik, Engineers PLN, Duta PLN 2018 dan parade motor listrik PLN. Turut hadir di tengah-tengah para peserta parade dari PLN, yakni Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS, Kepala Divisi Operasi Regional Jawa Bagian Barat PLN Bima Putrajaya dan General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya M. Ikhsan Asaad.

 

Untuk merepresentasikan sosok pegawai PLN sebagai pahlawan bangsa yang menerangi negeri, ditampilkan pula tokoh-tokoh karakter pahlawan asal Indonesia, seperti Gadjah Mada, Pangeran Diponegoro dan Jenderal Sudirman; karakter legenda Indonesia pembela kebenaran, seperti Gatotkaca, Wiro Sableng, Si Buta dari Gua Hantu, Srikandi, Punokawan; serta karakter komik dari Indonesia, seperti Gundala Putra Petir dan Godam. Mereka semua mewakili pahlawan PLN yang mengabdi untuk masyarakat Indonesia dengan semangat Energy of Asia.

 

PLN mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan memperkuat kelistrikan di Jakarta dan Palembang. Persiapan yang dilakukan PLN di antaranya adalah memastikan pembangkit listrik dalam kondisi siap dengan daya mampu optimal; memastikan subsistem dalam kondisi aman dan terdapat cadangan normal; memastikan stok energi primer kondisi normal; melakukan simulasi sistem pasokan listrik; menyiapkan Uninteruptible Power Supply (UPS), Unit Gardu Bergerak (UGB) dan Genset di venue-venue Asian Games sebagai backup energy; melakukan supervisi proses perolehan SLO instalasi bangunan seluruh venue; melakukan penyesuaian jadwal pemeliharaan terencana agar tidak menggangu periode siaga Asian Games; melengkapi peralatan K3 dan melaksanakan Standard Operating Procedure Tanggap Darurat; melaksanakan piket siaga dan membangun posko siaga kelistrikan.