Clear dan Clean for Brighter Jakarta

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2018 kemarin, PLN Peduli hadir dengan aksi Clear and Clean for Brighter Jakarta di Monumen Nasional (Monas) pada Jumat, 23 Februari 2018. Aksi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Parwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, Tinia Budiati, dan Kepala Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Marsigit, serta puluhan petugas kebersihan Monas.

Rangkaian acara HPSN sudah dimulai sejak awal Februari dengan melakukan sedekah sampah. Seluruh pegawai PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya mengumpulkan sampah dengan sukarela seperti plastik, besi, aluminum, kaca, kertas, dll. Sampah yang terkumpul kemudian dijual ke bank sampah binaan PLN Disjaya. Hasil penjualan sedekah sampah tersebut disumbangkan untuk petugas kebersihan di Monas dalam aksi Clear and Clean for Brighter Jakarta hari ini.

General Manager PLN Distribusi Jakart Raya Ikhsan Asaad, dalam sambutannya mengemukakan bahwa Jakarta Kian Benderang tidak akan terwujud tanpa peran serta seluruh lapisan masyarakat, termasuk petugas kebersihan di icon kota Jakarta, Monas. “Terima kasih Bapak Ibu semua di sini telah menjaga Jakarta tetap bersih dan nyaman,” ungkapan Ikhsan kepada petugas kebersihan.

Ikhsan juga secara simbolis menyerahkan sampah elektronik dari pegawai PLN Disjaya kepada Kepala Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat untuk selanjutnya diolah secara tepat. Sampah elektronik harus dipisahkan dari sampah biasa karena ada zat-zat yang berbahaya bagi lingkungan maupun manusia. “Kami akan rutinkan untuk menyetorkan sampah elektronik ini,” tambah Ikhsan.

Senada dengan Ikhsan, Tinia Budiati juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada PLN Disjaya atas terpilihnya Monas sebagai tempat kegiatan bersih-bersih. “Terima kasih atas perhatiannya kepada petugas kebersihan  Monas, semoga silaturami ini terus terjalin,” tambah Tinia.

Sedekah sampah merupakan salah satu upaya sadar akan kebersihan lingkungan sekaligus bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.