PLN Tingkatkan Kompetensi Ketenagalistrikan Siswa SMK

Dalam meningkatkan kompetensi di bidang ketenagalistrikan, PLN Corporate University menjalin kerjasama dengan 2 SMK Negeri Kalimantan Selatan, yaitu SMKN 2 Banjarbaru dan SMKN 5 Banjarmasin. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin (12/1). Hadir dalam acara tersebut, General Manajer PLN Corporate University Wisnoe Satrijono, Kepala SMKN 2, Kepala Diknas Kalsel, dan Direktur Pembinaan SMK.

Hal ini merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman antara PLN dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan tentang Peningkatan Kompetensi Bidang Ketenagalistrikan pada tanggal 20 Juni 2017. Perjanjian kerjasama ini memuat 4 pokok ruang lingkup, seperti pengembangan kurikulum, dukungan proses pembelajaran dan praktek kerja lapangan, fasilitas uji kompentensi (sertifikasi), serta fasilitas sarana dan prasarana.

Implementasi dari Peningkatan Kompetensi Bidang Ketenegalistrikan diawali dengan penyelarasan kurikulum dan materi pembelajaran pada guru dan peserta didik SMK sesuai Bidang Keahlian. Hal ini yang disampaikan melalui kegiatan Upgrading Guru selama 10 hari dan dilanjut dengan Uji Kompetensi (Sertifikasi) selama 3 hari.

Selanjutnya, memasuki tahap Praktek Kerja Lapangan atau magang di lingkungan PLN oleh peserta didik siswa SMK selama 6 bulan dan pada akhir kegiatan, peserta didik akan melaksanakan Uji Kompentensi (Sertifikasi) Sesuai Standar Kompetensi Tenaga Tehnik Ketenagalistrikan (SKTTK).

Kerjasama ini diharapkan dapat melibatkan siswa SMK secara langsung dalam proses transfer knowledge, skill, dan attitude untuk menjadi tenaga kerja yang siap terjun ke lapangan. Dengan demikian, dapat mencetak lulusan SMK yang berkompeten, memiliki daya saing, berkualitas, dan profesional serta mampu mendukung pembangunan ataupun perkembangan dunia usaha/dunia industri.