Juara PLN Video Competition Sambangi Pembangkit Proper Hijau Muara Karang

Jakarta, 12 Februari 2018 – Perwakilan para juara PLN Video Competition 2017 berkesempatan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Karang, Senin (12/2). Kunjungan ke pembangkit di Jakarta Utara ini merupakan bentuk apresiasi PLN kepada para juara yang telah mengabadikan perjuangan PLN melistriki negeri dan manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat melalui video semi dokumenter.

PLTGU Muara Karang sendiri merupakan Pembangkit yang dikelola Pembangkitan Jawa Bali (anak perusahaan PLN). Pembangkit ini sudah dua kali berturut-turut mendapatkan Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan (KLHK), yakni pada 2017 dan 2016.

Penghargaan ini merupakan bentuk legitimasi bahwa pengelolaan lingkungan yang dilakukan PLN bersama anak perusahaannya sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah, bahkan melebihi dari yang dipersyaratkan serta berhasil menciptakan keunggulan lingkungan dan bertanggung jawab terhadap masyarakat. Pasalnya, bidang pembangkitan energi listrik berpotensi terhadap gangguan lingkungan. Oleh karena itu, sejak didirikan pada 1995, PJB berkomitmen untuk peduli terhadap lingkungan yang diwujudkan dalam Program Green And Clean Power Plant. Ini merupakan program untuk mewujudkan lingkungan pembangkitan yang bersih dan asri.

“Kami ingin memperkenalkan salah satu pembangkit PLN yang mendapatkan proper hijau kepada para juara PLN Video Competition agar masyarakat tahu dan mengerti bahwa pembangkit kami juga mengutamakan kelestarian lingkungan. Selain itu kami juga ingin mengapresiasi para juara dengan memberikan privilege untuk mengunjungi langsung pembangkit yang nota bene adalah objek vital negara,” ungkap Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka.

Selain kunjungan ke PLTGU Muara Karang, PLN juga memberikan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 30 juta kepada juara 1, Rp 15 juta kepada juara 2, dan Rp 10 jt kepada juara 3 dari masing-masing kategori (umum dan internal). Keenam juara berhasil menyisihkan 337 karya video peserta dari seluruh Indonesia yang memenuhi persyaratan kompetisi.

Berikut ini judul video yang berhasil menjadi juara 1, 2, dan 3 di kategori umum:

  1. Tirto Aji
  2. Membaca dalam Gelap
  3. Gili Iyang Terang

Sementara berikut ini adalah judul video yang berhasil menjadi juara 1, 2, dan 3 di internal:

  1. Terang di Pulau Nangka
  2. Pejuang Kelistrikan
  3. Cahaya di Batas Negeri

Karya para pemenang PLN Video Competition 2017 juga bisa dilihat di www.plnvideocompetition.com, website pln.co.id dan youtube PLN. Mau seperti mereka? Ikuti PLN Video Competition 2018!

Kontak:

I Made Suprateka

Kepala Satuan Komunikasi Korporat

Tlp. 021 7251234

Facs. 021 7227059

Email. suprateka@pln.co.id