Lahirkan SDM Unggulan, PLN – STT PLN Wisuda 385 Sarjana

(Jakarta,17 November 2016) Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN) hari ini kembali mewisuda 385 Mahasiswa D3,S1 dan S2.acara wisuda ini digelar di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah. Dalam kesempatan yang sama PLN juga memberikan penghargaan kepada Wisudawan strata 1 terbaik berupa sekolah lanjutan ke jenjang Strata 2 (S2).

Pemberian penghargaan ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN, sofyan Basir kepada Ria yuli Setyawan, Program Sarjana S1 Teknik Elektro yang berhasil meraih IPK 3,84.

Dalam sambutannya Sofyan mengungkapkan pentingnya para wisudawan untuk mengabdi kepada Negara, salah satunya dengan menerapkan ilmu yang telah dimiliki setelah menimba ilmu dari STT PLN.

Terlebih saat ini Pemerintah telah mencanangkan program pembangunan 35.000 mega watt pembangkit, 46.000 kilometer sirkit jaringan transmisi dan 108.000 mega volt ampere gardu induk pendukungnya yang diproyeksikan akan selesai dalam lima tahun ke depan. Hal ini tentu membutuhkan dukungan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan memeliki skill terutama dalam bidang teknik kelistrikan, dimana salah satunya diharapkan berasal dari STT PLN.

“Tentunya semua infrastruktur ketenagalistrikan tersebut membutuhkan dukungan SDM, bukan saja untuk membangun tapi juga untuk mengoperasikan dan memeliharanya.
Berbeda dengan bangunan sipil umum seperti gedung dan jalan, instalasi ketenagalistrikan merupakan instalasi yang setiap detik berputar dan mengalirkan arus listrik, sehingga memiliki tingkat risiko keamanan yang jauh lebih tinggi. Untuk itu diperlukan tenaga operator dan teknisi pemeliharaan yang memiliki kompetensi khusus sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Ketenagalistrikan Nomor 30 tahun 2009.” Ujar Sofyan Basir.

Terkait program tersebut, keberadaan dan peranan STT PLN sebagai perguruan tinggi yang menghasilkan ahli teknik menjadi sangat strategis. Oleh karena itu, PLN akan memberikan perhatian khusus untuk membantu efektifitas dan peningkatan kuantitas dan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi di kampus STT PLN.

Sofyan menambahkan dirinya juga mendukung kebijakan pimpinan STT PLN yang telah menerapkan pendekatan ABG (Academic-Business-Government) yang merupakan program penyelarasan proses pembelajaran dengan kebutuhan industri dan pemerintahan. Untuk itu PLN juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk melaksanakan magang di unit-unit PLN yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami juga akan meningkatkan pemberdayaan STT PLN untuk mempersiapkan SDM yang dibutuhkan oleh industri ketenagalistrikan dan bekerja sama dalam melakukan pengembangan dan penelitian khususnya dalam bidang energi terbarukan yang menjadi andalan sumber energi masa mendatang”Pungkas Sofyan.

Kontak :
I Made Suprateka
Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. suprateka@pln.co.id