Tambahan 6 MW untuk Nunukan

Nunukan, 11 Desember 2017 – Guna meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, PLN Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimra) meresmikan tambahan enam unit mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang masing-masing berkapasitas 1000 kilo Watt (kW), di PLTD Sei Bilal, Nunukan, Senin (11/12). Peresmian beroperasinya keenam mesin dilakukan Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Machnizon Masri bersama Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid dengan penekanan tombol Sirine.

Penambahan kapasitas listrik 6 Megawatt (MW) untuk Nunukan merupakan wujud kerja nyata PLN dalam memperkuat pasokan listrik di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Dijalankan dengan skema isolated, sistem kelistrikan Nunukan saat ini memiliki daya mampu sekitar 11 MW dengan beban puncak 10,5 MW.

“Dengan bertambahnya mesin ini daya mampu Sistem Nunukan menjadi 17 MW. Sehingga layanan listrik PLN sangat terbuka bagi pelanggan baru baik industri, bisnis, maupun rumah tangga,” ungkap Machnizon.

Sesuai komitmen PLN Wilayah Kaltimra untuk mewujudkan Kalimantan benderang, Machnizon juga menjelaskan rencana proyek kelistrikan Nunukan. Langkah demi langkah akan ditempuh guna meningkatkan rasio eletrifikasi di Kaltara yang saat ini sebesar 78,81% .

“Dalam 3-4 tahun ke depan, PLN akan penambahan beberapa pembangkit. Setelah penambahan enam unit hari ini, pada 2018 nanti akan ada tambahan 2 MW untuk Pulau Sebatik. Kami juga berharap PLTMG Nunukan (10 MW) bisa selesai 1,5-2 tahun ke depan,” jelasnya.

Sistem kelistrikan Nunukan, kata Machnizon, pada 2020 diharapkan sudah terintegrasi dengan sistem Kaltara hingga sistem di Kaltim.

Kini, sistem Nunukan memiliki daya yang cukup. Di sisi lain, PLN juga menjaga kehandalan jaringan agar tidak menghambat laju distribusi listrik kepada masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut, Machnizon berharap peran aktif Pemerintah Nunukan beserta lapisan masyarakat.

“Mohon dukungan kepada Bupati dan pemerintah Kabupaten Nunukan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar merelakan ranting pohon yang dekat dengan jaringan listrik dapat ditebang agar tidak menganggu distribusi listrik,” kata Machnizon.

Senada, Bupati Nunukan mengatakan bahwa pemerintah menyambut baik adanya PLTD ekstension ini.

“Tentunya dengan listrik yang cukup, kualitas kehidupan masyarakat akan meningkat, roda pemerintahan agar berjalan lebih baik lagi, sehingga saya harap ini merupakan solusi atas kebutuhan listrik bagi warga Nunukan,” ungkap Laura.

Kontak:

I Made Suprateka

Kepala Satuan Komunikasi Korporat

Tlp. 021 7251234

Facs. 021 7227059

Email. suprateka@pln.co.id