Balikpapan Kini Punya SPLU

(Balikpapan, 11 September 2017) PLN terus berbenah guna melihat tantangan dan mendukung perkembangan teknologi ramah lingkungan. Salah satu wujud nyata upaya PLN untuk terus berinovasi adalah dengan menyediakan infrastruktur pendukung yang diperlukan masyarakat, salah satunya berupa Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).

Di Balikpapan sendiri, untuk pertama kalinya, SPLU telah hadir di kawasan Manggar, Balikpapan. Bertempat di sekitar Asrama Haji Balikpapan, SPLU ini merupakan yang pertama di Balikpapan.

“Hal ini sudah dipersiapkan sejak lama untuk menjawab tantangan di masa depan. Kami yakin bisa memenuhi ketersediaan SPLU dengan kualitas maksimal, apalagi daya pasok energi listrik juga sudah mencukupi” ujar Riza Novianto Gustam, GM PLN Wilayah Kaltimra.

Sementara itu, Natan selaku Manajer Area Balikpapan menjelaskan bahwa SPLU ini sudah beroperasi sejak Kamis, 31 Agustus 2017, bersamaan dengan kumandang takbir Idul Adha.

“Fokus dari SPLU pertama kami adalah untuk memfasilitasi para pedagang kaki lima (PKL) disekitar lokasi SPLU. Tentunya ini juga akan banyak membantu mereka jika dibandingkan dengan penerangan melalui genset pribadi”, jelas Natan.

Inovasi PLN melalui SPLU ini, pada awalnya memang dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum, seperti untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau PKL. Namun dikemudian hari, seiring dengan berkembangnya teknologi, SPLU pun dapat digunakan untuk mengisi ulang energi kendaraan listrik.

Kedepannya, keberadaan SPLU di Balikpapan ditargetkan akan bertambah seiring dengan kebutuhan konsumen, termasuk kebutuhan pengisian energi kendaraan listrik di tempat umum