PLN Nyalakan Listrik di Segah, Berau, Kalimantan Utara

(Berau, 20 September 2017) PLN kembali tunjukkan wujud kerja nyata terangi negeri. Kali ini sebuah desa bernama Harapan Jaya, Kecamatan Segah, Kabupaten Berau telah merdeka dari kegelapan. Dibawah pengawasan langsung oleh PLN Area Berau, hari ini dilaksanakan peresmian menyalanya jaringan listrik ke desa tersebut. Bertepatan dengan malam pergantian Tahun Baru Islam, masuknya listrik ke desa ini mengusung semangat menyusun lembaran baru menyambut tahun yang baru.

Listrik merupakan elemen yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kini warga Desa Harapan Jaya tak perlu lagi mengandalkan genset pribadi sebagai mesin untuk membangkitkan listrik di tempat tinggal mereka. Karena itu, hadirnya listrik PLN di desa tersebut tentunya menjadi angin segar dan semangat baru bagi warga disana.

“Terima kasih atas nyalanya listrik di desa kami. Sekarang desa kami terang benderang berkat PLN, mudah-mudahan kedepannya pelayanan PLN juga semakin meningkat,” kata Anwar, mewakili warga disana.

Suplai listrik di Kecamatan Segah dipasok oleh Unit Listrik Desa (ULD) Gunung Sari. Saat ini, sistem ULD Gunung Sari berdaya mampu 200 kilowatt (kW). Sistem ini juga didukung oleh pasokan excess power dari perusahaan kelapa sawit disana dengan daya mampu mencapai 1 MW. Kedepannya, PLN masih akan menambahkan mesin bertenaga diesel sebesar 200 kW untuk menyokong suplai di Kecamatan Segah.

Saat ini, beban puncak di Kecamatan Segah sendiri hanya berkisar 180 kW. Artinya, pasokan listrik disana masih sangat cukup, dan berlebih. Kedepannya, sistem ini masih sanggup melayani penambahan pelanggan hingga 400 pelanggan baru.

Terpisah, Riza Novianto Gustam selaku General Manager PLN Wilayah Kaltimra mengatakan bahwa PLN tengah mengupayakan perluasan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) untuk calon pelanggan di Kecamatan Segah dan sekitarnya yang saat ini masih belum terjangkau Jaringan Tegangan Menengah (JTM).

“Saat ini sedang kami survei untuk usulan perluasannya, agar distribusi aliran listrik untuk masyarakat lebih merata. Jika semuanya lancar, mudah-mudahan tahun depan bisa segera kami eksekusi pengerjaannya”, kata Riza.

Pada tahun 2017 ini, tak hanya Desa Harapan Jaya yang benderang. Pada bulan Ramadhan lalu, Desa Purna Sari Jaya di Kecamatan Talisayan, Berau juga sudah resmi dialiri listrik PLN.

“Desa yang saat ini belum terlistriki seperti Desa Tunggal Bumi, Talisayan dan Desa Mangkajang di Berau sudah ada di agenda kami. Saat ini sedang digarap dan semoga bisa secepatnya kami resmikan listriknya. Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kami, terutama bagi desa-desa yang saat ini belum bebas dari kegelapan,” tutup Riza.