PT PLN (Persero) kembali menorehkan prestasi membanggakan pada Nusantara CSR Awards 2025.
PLN meraih 43 penghargaan dan Predikat Platinum SDGs dalam ajang bergengsi ini. Ajang ini diselenggarakan oleh The La Tofi School of Social Responsibility di Jakarta, 2 Juli 2025. Ketua penyelenggara, Taufik La Tofi, menyerahkan langsung penghargaan kepada PLN. Ia memuji PLN karena menjadikan CSR sebagai bagian penting dari strategi bisnis berkelanjutan.
“CSR bukan sekadar program, tetapi janji bersama untuk masa depan yang lebih baik,” ujar La Tofi.
Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan dengan kepedulian sosial dan kontribusi nyata untuk pembangunan berkelanjutan. CSR menurut La Tofi, kini menjadi solusi bersama, bukan hanya sekadar bantuan sesaat. Perusahaan penerima dianggap mampu mendukung pertumbuhan ekonomi, keadilan sosial, dan kelestarian lingkungan.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan penghargaan ini mencerminkan komitmen kuat di luar penyediaan listrik.
“PLN hadir sebagai agen transformasi sosial lewat program TJSL,” jelas Darmawan.
PLN Wujudkan Komitmen TJSL Berbasis SDGs Melalui 43 Program Berdampak Nasional
Program TJSL PLN dijalankan dengan pendekatan Creating Shared Value (CSV). Fokusnya adalah menghasilkan dampak nyata bagi masyarakat dan mendukung nilai perusahaan. Contoh program unggulan antara lain: pemanfaatan limbah FABA untuk infrastruktur desa, electrifying agriculture, co-firing sampah menjadi energi, dan lainnya.
“CSV adalah dasar kami menjalankan TJSL untuk dampak jangka panjang. Penghargaan ini menjadi motivasi meningkatkan kualitas dan cakupan penerima manfaat,” kata Darmawan.
PLN meraih Predikat Platinum karena memenangkan lebih dari 12 kategori Penghargaan SDGs. Program-program TJSL PLN yang diakui mencakup bidang lingkungan, pendidikan, ekonomi kreatif, dan pemberdayaan masyarakat.
Beberapa program unggulan termasuk Electrifying Agriculture, Dompet Sampah Digital, dan Sekolah Pantai Indonesia. Ada juga pelatihan guru SMK, pengelolaan air bersih, dan pengembangan UMKM berbasis komunitas lokal.
Program lainnya mencakup transisi energi bersih, konservasi lingkungan, dan dukungan untuk perempuan difabel.
PLN menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial bukan sekadar kewajiban.
Namun menjadi komitmen jangka panjang dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi 2.0 dengan visi menjadi Top 500 Global Company dan menjadi pilihan nomor 1 bagi pelanggan untuk Solusi Energi melalui upaya pertumbuhan usaha, implementasi digitalisasi secara end to end, menjalankan transisi energi untuk mendukung tercapainya Net Zero Emissions (NZE), serta menghadirkan proses bisnis dengan SDM berkelas dunia.


