PLN Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Trauma Healing Bagi Korban Bencana di Sukabumi

Press Release No. 480.PR/STH.00.01/XII/2024

Sukabumi, 13 Desember 2024 – PT PLN (Persero) melalui Srikandi Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) bekerja sama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) terus menunjukkan komitmen kepeduliannya terhadap masyarakat terdampak bencana alam di Sukabumi. Serangkaian kegiatan dihadirkan untuk memberikan dukungan kesehatan fisik dan mental bagi warga di lokasi pengungsian pada Selasa (10/12).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa kesigapan PLN dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana alam merupakan bukti nyata komitmen dan kepedulian perusahaan. Tidak hanya fokus pada pemulihan pasokan Listrik, PLN juga aktif memberikan dukungan sosial dan kemanusiaan.

“Mudah-mudahan melalui bantuan yang disalurkan oleh PLN dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak serta dapat mempercepat proses rehabilitasi pasca bencana. Semoga banjir dan longsor yang melanda daerah Jawa Barat dapat segera pulih agar masyarakat dapat melanjutkan aktivitas seperti sedia kala,” Kata Darmawan.

Di salah satu daerah terdampak, yakni Kampung Cihonje, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, PLN bersama RS Hermina Sukabumi mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis.

Selain itu, program trauma healing yang melibatkan Srikandi PLN menjadi daya tarik tersendiri. Dalam kegiatan ini, sebanyak 50 anak-anak pengungsi diajak mewarnai dan bermain bersama. Suasana ceria tersebut diharapkan dapat membantu anak-anak melupakan trauma yang dialami akibat bencana.

General Manager PLN UID Jabar, Agung Murdifi menilai kegiatan ini sebagai bentuk solidaritas di masa tanggap bencana. Ia berharap program ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat terdampak.

“Melalui kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan trauma healing ini, kami ingin meringankan beban masyarakat terdampak. Semoga semangat kebersamaan dan kepedulian ini dapat memberikan kekuatan serta harapan baru bagi kita semua,” tutup Agung.

Apresiasi atas inisiatif ini disampaikan salah satunya oleh istri Camat Cikembar, Nia Kurniasih yang menyebut PLN telah hadir sejak awal bencana dengan berbagai dukungan mulai dari genset darurat, dapur umum, hingga pemeriksaan kesehatan dan kegiatan trauma healing.

“Alhamdulillah, terimakasih banyak untuk PLN Jabar dan YBM PLN dari awal sudah membantu dan sangat peduli dengan masyarakat kami yang terdampak bencana. Sukses selalu PLN, terang terus !,” ujarnya.

Melalui langkah-langkah konkret seperti ini, PLN menunjukkan bahwa kehadiran perusahaan tidak hanya untuk memastikan ketersediaan listrik, tetapi juga menjadi bagian dari solusi sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi 2.0 dengan visi menjadi Top 500 Global Company dan menjadi pilihan nomor 1 bagi pelanggan untuk Solusi Energi melalui upaya pertumbuhan usaha, implementasi digitalisasi secara end to end, menjalankan transisi energi untuk mendukung tercapainya Net Zero Emission (NZE), serta menghadirkan proses bisnis dengan SDM berkelas dunia.