Lolos Seleksi, 135 Mahasiswa ITPLN Teken Kontrak Program Ikatan Kerja dengan PLN

Press Release No. 365.PR/STH.00.01/IX/2024

Jakarta, 10 September 2024 – PT PLN (Persero) menjaring talenta terbaik dengan merekrut 135 mahasiswa Institut Teknologi PLN (ITPLN) yang lolos untuk mengikuti program ikatan kerja. Program ini merupakan kerja sama PLN dan ITPLN dalam mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di sektor kelistrikan nasional.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, seiring dengan disrupsi teknologi, PLN membutuhkan banyak tenaga ahli dalam sektor energi dan ketenagalistrikan. ITPLN kata Darmawan, yang dipercaya menghasilkan talenta-talenta terbaik bangsa di bidang energi dan kelistrikan menjadi salah satu elemen penting dalam transisi energi di tanah air.

“Teknologi semakin berkembang karena sektor energi tengah bertransisi. Kita semua harus punya keahlian yang relevan dengan perubahan zaman. Di sinilah peran penting ITPLN dalam melahirkan ahli-ahli energi masa depan di Indonesia,” kata Darmawan.

Direktur Legal & Human Capital PLN Yusuf Didi Setiarto menjelaskan bahwa sebanyak 135 mahasiswa ITPLN yang telah lolos seleksi menandatangani kontrak kerja bersama PLN.

Dalam program ikatan kerja ini, PLN menyediakan kuota untuk 250 peserta dan dibagi dalam dua tahap. Pada tahap awal, sebanyak 135 mahasiswa terpilih melalui tes masuk. Selanjutnya, mahasiswa terbaik akan dipilih kembali berdasarkan prestasi akademik dan kinerja mereka saat kelulusan untuk melanjutkan ikatan kerja dengan PLN.

“PLN menyambut dan mengapresiasi para peserta yang telah lolos seleksi. Selamat kepada adik-adik yang telah terpilih menjadi mahasiswa ikatan kerja PLN, tahun ini adalah tahun kedua ikatan kerja ini diselenggarakan, dan kalian adalah talenta terbaik yang kami titipkan di ITPLN,” ungkap Didi.

Rektor ITPLN Iwa Garniwa turut mengapresiasi dan memberikan selamat kepada para mahasiswa yang telah terpilih. Ia berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar dan berkembang, serta memberikan kontribusi nyata bagi PLN dan negara.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik dan menjaga talenta terbaik yang telah tersaring. Setiap tahunnya 250 orang akan mendapatkan tiket ikatan kerja, sandwich program, program magang untuk seluruh wilayah Indonesia, guest lecture, student exchange dan masih banyak program lainnya. Ini adalah fasilitas yang kami berikan untuk mengembangkan talenta-talenta terbaik bangsa Indonesia,” kata Iwa.

Para mahasiswa yang tergabung dalam program ikatan kerja ini nantinya akan menjalani tes lebih lanjut. Jika dinyatakan lolos dalam tes tersebut, para peserta akan langsung bergabung dengan PLN Group. Selain terus meningkatkan kualitas SDM, program ini juga membuka peluang karir yang menjanjikan bagi para mahasiswa di industri ketenagalistrikan.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi 2.0 dengan visi menjadi Top 500 Global Company dan menjadi pilihan nomor 1 bagi pelanggan untuk Solusi Energi melalui upaya pertumbuhan usaha, implementasi digitalisasi secara end to end, menjalankan transisi energi untuk mendukung tercapainya Net Zero Emissions (NZE), serta menghadirkan proses bisnis dengan SDM berkelas dunia.