Siagakan 363 Petugas, PLN Sukses Layani Listrik Tanpa Kedip Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Press Release No. 360.PR/STH.00.01/IX/2024

Jakarta, 6 September 2024 – PT PLN (Persero) berhasil menghadirkan listrik tanpa kedip pada Misa Akbar yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (05/09). Acara yang dihadiri puluhan ribu umat Katolik ini berjalan lancar berkat persiapan dan kesiagaan PLN dalam mengamankan sistem kelistrikan.

Sekretaris Eksekutif Komisi HAK Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sekaligus panitia Misa Akbar, Romo Agustinus Heri Wibowo mengapresiasi persiapan PLN dalam mengamankan sistem kelistrikan Misa Akbar kemarin. Berkat listrik andal PLN, acara yang sangat dinantikan umat Katolik di Indonesia tersebut berlangsung lancar.

“Mantab sekali, lancar tanpa gangguan, PLN melesat makin tinggi,” katanya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN mendukung kesuksesan Misa Akbar dengan melakukan berbagai langkah antisipatif untuk memastikan sistem kelistrikan di GBK dan sekitarnya tetap optimal selama kegiatan berlangsung.

“Kami bangga dapat mendukung kelancaran acara besar ini dengan memastikan pasokan listrik tetap terjaga. Kami melakukan pengawasan ketat dan menyiapkan berbagai skenario pengamanan kelistrikan agar tidak ada gangguan,” ujar Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Lasiran menjelaskan, dalam rangka memastikan kelancaran acara suci ini, PLN menurunkan 363 petugas siaga yang bekerja tanpa henti untuk memastikan suplai listrik berjalan tanpa gangguan. Selain petugas siaga, PLN juga mengerahkan 8 Unit Gardu Bergerak dengan kapasitas total 6.890 kiloVolt Ampere (kVA) dan 4 Uninterruptable Power Supply (UPS) sebesar 720 kVA.

Lasiran menambahkan, acara Misa Akbar ini menjadi salah satu prioritas nasional, mengingat kunjungan Paus Fransiskus merupakan momen bersejarah bagi umat Katolik di Indonesia. PLN memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan telah siap jauh sebelum hari pelaksanaan, termasuk inspeksi rutin pada jaringan yang akan digunakan serta persiapan cadangan sistem kelistrikan.

“Kesuksesan acara ini tidak hanya menunjukkan kemampuan teknis kami, tetapi juga komitmen kami dalam melayani masyarakat dan mendukung kegiatan keagamaan serta sosial berskala besar,” tutup Lasiran.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi 2.0 dengan visi menjadi Top 500 Global Company dan menjadi pilihan nomor 1 bagi pelanggan untuk Solusi Energi melalui upaya pertumbuhan usaha, implementasi digitalisasi secara end to end, menjalankan transisi energi untuk mendukung tercapainya Net Zero Emissions (NZE), serta menghadirkan proses bisnis dengan SDM berkelas dunia.