Usaha Coklat Binaan Rumah BUMN Nunukan Tembus Pasar Global Melalui Marketplace PLN Mobile

Press Release No. 355.PR/STH.00.01/IX/2024

Nunukan, 3 September 2024 – Usaha Mikro Kecil (UMK) Regan Coklat yang didirikan oleh Rica Fatmawati (43) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara kini berhasil menembus pasar internasional. Sejak tahun 2020 dukungan dan pendampingan dari Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nunukan dan Marketplace PLN Mobile terbukti mampu membuat usaha yang bergerak di bidang kuliner ini berkembang pesat.

Rica memulai usaha coklat premium ini dari nol. Ia awalnya hanya menyasar pasar lokal. Namun berkat dukungan Rumah BUMN Nunukan, usaha ini makin berkembang hingga merambah pasar luar negeri dan menjadi tumpuan hidup yang menjanjikan.

“Awalnya saya hanya mencari informasi tentang pengolahan cokelat di internet dan melihat peluang mengolah cokelat premium dengan bahan pangan lokal Nunukan, seperti rumput laut dan bawang dayak. Tidak mudah, banyak tantangan yang saya hadapi, mulai dari pemasaran hingga pengemasan produk,” ungkap Rica.

Berbekal rasa ingin tahu yang besar dan kemauan yang kuat untuk mengembangkan produknya, Rica kemudian terlibat aktif dalam kegiatan Rumah BUMN Nunukan. Hal itu juga yang membuka kesempatan untuk Rica meningkatkan kualitas dan meluaskan pemasaran produk.

“Di 2021 saya dikenalkan dengan Rumah BUMN Nunukan. Di situ saya belajar cara memasarkan dan mengembangkan produk Regan Coklat melalui perbaikan pengemasan produk agar lebih menarik. Kami juga diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam pameran dan kunjungan ke UMK yang sudah sukses, yang sangat membantu kami belajar meningkatkan penjualan,” ungkap Rica.

Puncak perkembangan usaha Rica terjadi pada 2022, ketika ia memasarkan produknya melalui Marketplace di aplikasi PLN Mobile. Omzet Regan Coklat melonjak berkali-kali lipat.

“Berkat Marketplace PLN Mobile, penjualan kami meningkat berkali-kali lipat. Ini memungkinkan kami untuk membuka toko sendiri,” ujar Rica.

Rica berharap kesuksesannya bisa menginspirasi UMK lain di Nunukan dan seluruh Indonesia untuk memanfaatkan Marketplace PLN Mobile.

“Kami sangat berterima kasih ke PLN lewat Rumah BUMN Nunukan dan Marketplace PLN Mobile, produk kami kini bisa dikenal lebih luas. Kami berharap teman-teman yang lain juga bisa mendapat kesempatan yang sama,” ungkapnya.

Di sisi lain, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi dan mendukung pemberdayaan masyarakat di Rumah BUMN Nunukan yang diinisiasi oleh PLN. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Nunukan dalam mendukung perkembangan UMK di Nunukan.

“Keberadaan Rumah BUMN Nunukan terbukti mampu menjadi wadah untuk pengembangan UMK di Nunukan. Sukses Rumah BUMN nya berdaya UMK-nya,” ujarnya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa PLN sebagai bagian dari BUMN tidak hanya fokus pada penyediaan listrik saja, tetapi juga berperan aktif mendukung setiap pengembangan usaha yang dirintis masyarakat.

“PLN sebagai bagian dari keluarga besar BUMN punya komitmen untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG’s), mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Itulah kenapa PLN selalu mendukung UMK untuk naik kelas, sehingga masyarakat mempunyai kemandirian ekonomi dan mampu bersaing di era globalisasi ini,” pungkas Darmawan.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi 2.0 dengan visi menjadi Top 500 Global Company dan menjadi pilihan nomor 1 bagi pelanggan untuk Solusi Energi melalui upaya pertumbuhan usaha, implementasi digitalisasi secara end to end, menjalankan transisi energi untuk mendukung tercapainya Net Zero Emission (NZE), serta menghadirkan proses bisnis dengan SDM berkelas dunia.