Keandalan Listrik PLN pada Perayaan HUT ke-79 RI di IKN Diapresiasi Berbagai Kalangan

Press Release No. 337.PR/STH.00.01/VIII/2024

Penajam Paser Utara, 22 Agustus 2024 – Pasokan listrik yang andal dan hijau PT PLN (Persero) dalam mendukung pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara menuai apresiasi dari berbagai pihak.

Staff Khusus Kepala Otorita IKN merangkap Juru Bicara Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Troy Pantouw mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan dan mitra yang sudah mendukung termasuk PLN.

“Tentu kehadiran listrik menjadi salah satu peran vital dalam suksesnya HUT ke-79 RI yang pertama kalinya diselenggarakan di IKN. Kami mengapresiasi langkah PLN yang telah mendukung suksesnya acara ini melalui pasokan listrik hijau yang andal,” ujar Troy.

Sementara itu, Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio yang juga menghadiri HUT ke-79 RI di IKN mengungkapkan bahwa suksesnya pelaksanaan upacara peringatan di IKN tidak lepas dari dukungan sistem kelistrikan PLN.

“Kita sangat bersyukur gelaran Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN telah terlaksana dengan lancar. Kami juga mengapresiasi listrik yang begitu andal dan hijau dari PLN dalam mendukung momen bersejarah ini,” kata Wishnutama.

Wishnutama mengatakan, PLN tidak hanya memastikan pasokan listrik aman tetapi juga menyiagakan para personel di setiap venue acara. Sehingga, pelaksanaan acara berjalan lancar tanpa gangguan kelistrikan.

“Bahkan, tidak hanya pasokan listriknya, para personel PLN juga sangat sigap membantu panitia dalam menyiapkan instalasi di tiap venue acara,” tambahnya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penyediaan pasokan listrik untuk IKN dilakukan secara matang dengan menyiapkan infrastruktur pendukung serta mengandalkan sumber energi bersih.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan Pemerintah kepada PLN dalam menghadirkan sumber energi listrik hijau di IKN. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kelistrikan yang ada untuk mendukung IKN sebagai smart, green and beautiful city,” jelas Darmawan.

Darmawan mengatakan, saat ini pasokan listrik IKN dipasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 10 megawatt (MW). PLN pun telah menuntaskan pengerjaan jaringan transmisi dan di saat bersamaan, PLN terus mengembangkan infrastruktur pendukung lainnya seperti jaringan distribusi dan melanjutkan konstruksi tahap II PLTS IKN berkapasitas 40 MW.

“Saya sangat bangga akan upaya seluruh insan PLN Group dalam bekerja sama, berkordinasi dan mendukung layanan kelistrikan hijau di IKN. Ke depannya, kami akan terus mengembangkan sistem kelistikan di IKN berbasis pada listrik hijau yang bersih,” pungkas Darmawan.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi 2.0 dengan visi menjadi Top 500 Global Company dan menjadi pilihan nomor 1 bagi pelanggan untuk Solusi Energi melalui upaya pertumbuhan usaha, implementasi digitalisasi secara end to end, menjalankan transisi energi untuk mendukung tercapainya Net Zero Emissions (NZE), serta menghadirkan proses bisnis dengan SDM berkelas dunia.