Mewujudkan Papua Terang, PLN Tandatangani Deklarasi Afirmatif dengan Pemda Papua

Jayapura, 19 Juli 2017 – Dalam upaya merealisasikan Papua Terang di tahun 2019-2020, PLN terus melakukan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang tersebar di Provinsi Papua dan Papua Barat. Untuk mewujudkan semangat pembangunan tersebut, PLN berkomitmen untuk mempercepat penyediaan listrik yang baik dan berkualitas dalam rangka mendukung pembenahan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih dan melayani rakyat Papua yang ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Afirmatif Tanah Papua Terang dan Terkoneksi oleh Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN Haryanto WS di Jayapura (18/7) bersama pemerintah daerah di Papua dan PT Telkom dari sisi telekomunikasi.

Pembangunan pembangkit dengan total kapasitas sebesar 330 Mega Watt (MW) untuk 2019 mendatang di Papua dan Papua Barat saat ini sedang berlangsung. Pembangunan yang sudah berjalan hingga saat ini dan rencananya akan selesai di 2017, yaitu pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Jayapura dengan kapasitas 50 MW. Sedangkan di Nabire saat ini sedang berlangsung pula pembangunan PLTMG kapasitas 20 MW yang direncanakan rampung pada awal tahun 2018. Tidak hanya pembangunan dengan kapasitas besar, PLN juga akan menerangi 2.200 desa-desa yang belum teraliri listrik hingga tahun 2019.

“Dari 43 ibukota kabupaten di Papua dan Papua Barat masih terdapat 14 ibukota kabupaten yang belum terlistriki oleh PLN di awal tahun 2016. Ini merupakan salah satu komitmen kami, PLN Regional Maluku dan Papua, agar PLN dapat hadir di seluruh ibukota kabupaten Papua dan Papua Barat,” kata Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN Haryanto WS saat pemaparan kondisi kelistrikan Papua dan Papua Barat.

Pembangunan infrastruktur tenaga listrik ini pun guna mendukung PON 2020 yang rencananya akan diselenggarakan di Provinsi Papua. PLN juga berupaya meningkatkan jam operasi pada daerah-daerah yang masih menyala selama 18 jam untuk menjadi 24 jam nyala.

“Kami memohon kepada seluruh bupati dan stakeholders yang hadir agar dapat mendukung dalam pembangunan pusat-pusat pembangkit di Papua khususnya agar berjalan dengan lancar. Kami juga akan terus berusaha agar sistem kelistrikan di Papua dan Papua Barat dapat lebih handal,” lanjut Haryanto.

Kontak:
I Made Suprateka
Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. suprateka@pln.co.id