Menteri BUMN Terima Gelar Doktor Honoris Causa, Dirut PLN: Buah Kerja Keras Untuk Bangsa

Konten PLN Mobile No. 009.PLN-MOBILE/STH.00.01/III/2023

Malang, 3 Maret 2023 – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerima gelar Doktor Honoris Causa Bidang Manajemen Strategi dari Universitas Brawijaya, Malang. PT PLN (Persero) selaku BUMN terbesar di bidang kelistrikan turut berbangga atas capaian prestasi Menteri BUMN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menilai gelar kehormatan yang diperoleh Menteri BUMN merupakan bukti nyata kerja keras dan perjuangan bagi rakyat yang sudah dilakukan. Ia menilai, Erick Thohir pantas mendapatkan gelar tersebut karena kontribusinya kepada negara.

Darmawan mengatakan selama ini Erick membawa perubahan besar bagi Indonesia, khususnya di BUMN. Komitmen dan pengabdiannya untuk membawa BUMN menjadi lebih sehat merupakan langkah perubahan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Kami, keluarga besar PT PLN (Persero) turut bangga dan berbahagia. Karena perjuangan Bapak Menteri BUMN selama ini, bukan hanya penuh komitmen dan pengabdian. Tetapi juga perjuangan yang membawa dampak nyata bagi rakyat, bangsa dan negara,” ujar Darmawan.

Darmawan menilai Erick terus mendorong seluruh BUMN melakukan transformasi untuk bisa lebih sehat dan mampu bersaing di kancah global. Strategi dan semangat yang diberikannya mampu menjadi pemicu perusahaan BUMN untuk bergerak lincah menjadi perusahaan yang berdaya saing global.

Tak hanya itu, melalui bimbingan Erick, BUMN hari ini tak hanya memberikan kontribusi kepada negara, namun juga memberikan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Di bawah kepemimpinan Bapak Menteri Erick Thohir, seluruh BUMN mampu bertransformasi dengan luar biasa. Sehingga, BUMN di Indonesia sukses untuk menjadi kokoh, lincah, dan trengginas. Menjadi sehat. Dan sangat siap untuk bersaing di kancah global,” ujar Darmawan.

Etos kerja, semangat kepemimpinan dan perjuangan yang dilakukan Erick menjadi nilai tersendiri, khususnya bagi PLN sebagai BUMN terbesar yang melayani kebutuhan listrik masyarakat di seluruh belahan Indonesia.

“Kami sangat beruntung, karena selama ini bisa berkesempatan untuk melihat, belajar, dan mendapatkan bimbingan langsung,” ujar Darmawan.

Darmawan berharap langkah yang dilakukan Erick bisa menjadi insipirasi bagi seluruh stakeholder maupun masyarakat pada umumnya dalam mengabdi pada negara. Ia berharap, Erick Thohir mampu terus memberikan kontribusi terbaiknya bagi bangsa dan negara.

Dalam pidato usai mendapatkan gelar doktor kehormatan, Erick Thohir menjelaskan langkah transformasi yang ia dorong ke seluruh BUMN merupakan cara agar BUMN mampu lebih sehat dan berkontribusi lebih bagi negara. Apalagi, di tengah tantangan global dan era disrupsi saat ini menuntut BUMN mengakselerasi diri agar mampu berdaya saing global.

“BUMN harus menjadi benteng sekaligus menjadi pelopor ekonomi nasional. Tranformasi harus mampu menjadikan BUMN sebagai pelaku bisnis berkelas dunia. BUMN juga harus mampu memberikan value kepada bangsa dan negara,” pungkas Erick.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.