PLN Peduli untuk Kepulauan Derawan

PLN Wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) menyerahkan bantuan senilai Rp 100.000.000 kepada masyarakat di Kepulauan Derawan. Dalam program bertajuk PLN Peduli ini, Manajer Bidang SDM dan Umum PLN Wilayah Kaltimra menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Kepala Kampung Pulau Derawan Jahraini pada Desember 2016 lalu.

PLN Peduli mempercantik terumbu karang di Derawan.

PLN Peduli mempercantik terumbu karang di Derawan.

Kini, satu bulan selepas diterimanya bantuan, implementasi dari rencana bantuan mulai terlihat, salah satunya program pelestarian alam. Dalam program pelestarian alam ini, Eny menuturkan pihaknya fokus untuk mempercantik potensi alam di bawah laut. Metodenya adalah dengan memanfaatkan spot alam bawah laut yang sudah ada.

“Mengingat bahwa Pulau Derawan identik dengan wisata bahari, maka kita coba arahkan untuk membidik alam bawah laut. Konsepnya, kami buatkan transplantasi terumbu karang dengan harapan dapat menjadi habitat bagi ikan. Selain itu, kami buatkan pula spot foto bagi para penyelam untuk bisa berfoto di dasar laut,” jelasnya.

Kendati demikian, program pelestarian alam ini bukanlah hal instan yang bisa dilakukan dalam sekejap. Eny mengaku pihaknya harus berproses dan membutuhkan bantuan masyarakat sekitar yang paham akan pelestarian alam bawah laut.

“Proses pemilahan karang memerlukan waktu yang tidak sebentar, kedepannya tetap akan kita pantau mingguan atau bulanan untuk memastikan berhasil atau tidaknya proses tersebut,” imbuhnya.

Disisi lain, PLN Peduli juga memberikan bantuan lainnya antara lain pelatihan bagi pelaku bisnis wisata di Derawan berupa pelatihan keselamatan pada kecelakaan di laut. Melalui kerjasama dengan BASARNAS sebagai pemateri, sesi pelatihan ini bertujuan untuk membentuk kemampuan dasar para pelaku bisnis wisata untuk tanggap dalam segala bentuk kecelakaan yang mungkin terjadi.

Selain itu, Eny juga menyerahkan bantuan lainnya seperti bantuan untuk sekolah, sarana ibadah, peningkatan kesehatan, sarana umum dan pengentasan kemiskinan.

“Keseluruhan program tersebut akan kita tuntaskan di awal 2017 ini. Kedepannya juga akan kami usulkan ke PLN Pusat agar program pelestarian alam bawah laut di Pulau Derawan akan terus berlanjut untuk PKBL tahun-tahun mendatang,” tutup Eny.