Sambut Nataru, PLN Siagakan Personel dan Sistem Kelistrikan Sumatra

Pekanbaru, 22 Desember 2022 – Jelang perayaan natal dan tahun baru (nataru), PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera memastikan pasokan kelistrikan di wilayah Sumatra aman.

Dalam apel Siaga Nataru, Selasa (20/12), General Manager (GM) PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera, Daniel Eliawardhana melaporkan, kesiapsiagaan dalam periode Siaga Nataru mulai 19 Desember 2022 sampai dengan 4 Januari 2023.

Daniel menjelaskan total daya mampu di sistem kelistrikan Sumatra sebesar 7.416 MW, sedangkan untuk beban puncak harian tertinggi mencapai 6.534 MW.

“Saat ini, cadangan daya mencapai 882 MW. PLN akan selalu memastikan pelayanan ke masyarakat aman dan andal,” kata Daniel.

Dengan kondisi ini, kata Daniel, UIP3B Sumatera meyakini dari sisi pasokan, sistem kelistrikan Sumatera dalam kondisi aman.

Selain itu, PLN UIP3B juga membentuk sejumlah posko siaga sejak 19 Desember hingga 4 Januari 2022 untuk memastikan pasokan listrik aman selama nataru. Adapun unit pelaksana dan unit layanan di wilayah kerja PLN UIP3B Sumatera yang terlibat dalam operasi Siaga Nataru kali ini adalah 46 unit. Terdiri dari Unit Pelaksana Transmisi, Unit Pelaksana Pengatur Beban, serta Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk.

“Pada momen Nataru ini, UIP3B Sumatera juga menyiagakan 2.323 personel PLN dan 1.116 mitra kerja yang siap mengoperasikan 220 unit peralatan pendukung meliputi trafo mobile, genset, dan tower emergency. UIP3BS juga menyiagakan 24 unit kendaraan pendukung, serta memastikan ketersediaan material cadang gangguan,” ujarnya.

Daniel melanjutkan, guna memastikan kesiapan seluruh personel dapat memberikan reaksi cepat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, UIP3B Sumatera mendirikan posko Siaga Nataru di 75 lokasi yang tersebar di wilayah kerja PLN UIP3B Sumatera mulai dari Aceh hingga Lampung.

Posko Siaga Nataru ini siap melayani dan mengamankan pasokan listrik selama 24 jam kepada pelanggan. Bagi pelanggan dapat menyampaikan keluhan atau gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile tanpa repot datang ke kantor PLN.